blank
Ketua KPU Wonogiri Toto Sihsetyo Adi (kiri), menyerahkan surat penerimaan pendaftaran dan surat pengantar pemeriksaan kesehatan kepada pasangan Josss melalui personel LO.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Jumat (4/9), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri mulai membuka pelayanan pendaftaran Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Tahun 2020. Di hari pertama ini, datang mendaftarkan diri petahana Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno, sebagai pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati-Wakil Bupati.

Ikut mendampingi pasangan Joko Sutopo-Setyo Sukarno (Josss) ke KPU Wonogiri, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jateng Joko Purnomo, Pengurus DPC PDI Perjuangan Wonogiri, Sriyono dan Martanto. Hadir para Ketua Parpol pendukung yang tergabung dalam Koalisi Wonogiri Sukses. Yakni Ketua DPD Partai Golkar Bondan Sejiwan Boma Aji, Ketua DPD PAN Sunarmin, Ketua DPC PPP Haryoto, dan Ketua DPC PSI Wonogiri, Rofin Dwi Laksono.

Rombongan pasangan Josss ini bejrumlah sekitar 25 orang, termasuk personel LO dari pasangan Balon yakni Sri Sugiyanti dan Endang Lestari. Juga hadir Komisioner Bawaslu Wonogiri Joko Kiswanto, dan A Joko Wuryanto serta Kepala Dinkes Dokter Adhi Dharma.

blank
Pengurus DPC PDI Perjuangan Wonogiri, Sriyono (berdiri kanan), menyampaikan sambutan mewakili rombongan pasangan Josss.

Rapat Pleno
Pelayanan pendaftaran dilaksanakan dalam gelar rapat pelno KPU yang dipimpin oleh Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, didampingi para Anggota KPU  Wonogiri Dwi Prasetyo, Agustina Puspa Dewi, Pradika Harsanto, Wahyu Nurjanah, dan Sekretaris KPU Wonogiri Supardi.

Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, menyatakan, pelayanan pendaftaran Balon Bupati-Wakil Bupati dilaksanakan selama 3 hari, yakni dari Tanggal 4 sampai dengan 6 September 2020. ”Pemilihan kali ini, menjadi pemilihan yang berbeda, karena kita selenggarakan dalam masa pandemi Covid-19,” tegas Toto Sihsetyo Adi.

blank
Pasangan Balon Bupati-Wakil Bupati Joko Sutopo-Setyo Sukarno (ketiga dan kedua dari kanan), foto bersama dengan Ketua dan Anggota KPU Wonogiri.

Pelayanan pendaftaran dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan wabah virus corona. Diantaranya pemeriksaan suhu badan kepada para Balon dan rombongannya yang datang ke Kantor KPU Wonogiri, semua diperiksa memakai thermogun di depan gerbang pintu masuk.

Adil dan Setara
KPU Kabupaten Wonogiri, tandas Toto, berkomitmen melaksanakan tahapan Pilkada secara professional, mandiri, serta memperlakukan pelayanan bakal pasangan calon secara adil dan setara.

Pelayanan pendaftaran dimulai dengan penerimaan dokumen persyaratan pencalonan dan syarat calon, yang kemudian dilakukan verifikasi terhadap seluruh dokumen. Untuk kekurangan persyaratan diminta untuk segera disusulkan.

blank
Petahana Bupati Wonogiri Joko Sutopo (kiri) menjalani pemeriksaan suhu badan dengan thermogun, sebelum memasuki Kantor KPU Wonogiri.

KPU Wonogiri selanjutnya menerbitkan berita acara hasil pemeriksaan beserta lampirannya, dan memberikan surat pengantar pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani dan pemeriksaan narkoba kepada Balon pasangan Bupati-Wakil Bupati melalui personel penghubung atau Liaison Officer (LO).

Pengurus DPC PDI Perjuangan Wonogiri, Sriyono, selaku pimpinan rombongan Josss, sebelumnya tampil menyampaikan sambutan terkait dengan maksud kedatangannya ke KPU Wonogiri, yakni dalam upaya mendaftarkan Balon pasangan Bupati-Wakil Bupati Wonogiri.

Bambang Pur