blank
Wali Kota Semarang dan Wakil Wali Kota, saat mengikuti jalannya latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) secara virtual, di ruang Sittroom Pemkot Semarang. Foto: hery Priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Jelang bergulirnya Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang, berbagai persiapan terus dilakukan berbagai pihak.

Salah satunya adalah persiapan terkait kesiapsiagaan pengamanan wilayah Kota Semarang, pra dan pasca Pilwakot, melalui Pelatihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), yang digelar secara virtual, di ruang Sittroom Pemkot Semarang, Jalan Pemuda No 148 Semarang, Kamis (3/9/2020).

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan akan menambah optimisme Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, atas terselenggaranya Pilwalkot yang jurdil, luber, aman dan sehat.

BACA JUGA : Perwakilan Serikat Pekerja Apresiasi Keberpihakan Hendi-Ita pada Buruh

”Tinggal 97 hari jelang Pilkada serentak. Saya yakin keberadaan Sispamkota mampu menjadi sarana, guna memetakan kondisi sekaligus menjaga tensi politik agar semakin baik dan matang,” ungkap Wali Kota yang biasa disapa Hendi ini.

Melalui pelatihan virtual ini, Hendi ingin berbagai peta permasalahan Pilkada hanya akan berakhir sebatas simulasi belaka. Dia juga mengingatkan, adanya PR lain selain masalah keamanan, yakni adanya pandemi covid-19.

Untuk itu, Hendi menginstruksikan langsung kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, untuk dapat memantau secara aktif dan memastikan penerapan protokol kesehatan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS), khususnya yang ada di Kota Semarang.

Samakan Persepsi
Tak hanya itu, Hendi juga menyampaikan jika sosialisasi yang tepat dibutuhkan guna memberikan pemahaman keamanan serta protokol kesehatan yang benar kepada masyarakat, saat penyaluran hak demokrasinya pada 9 Desember mendatang.

Sementara itu, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Auliansyah Lubis, dalam sambutannya mengajak seluruh pihak, untuk menyamakan persepsi dalam pengamanan Pilwakot Kota Semarang ini, agar dapat berlangsung secara jurdil dan luber.

Auliansyah juga menyampaikan, jika pihaknya bersama jajaran TNI, Kodim dan seluruh personel pengamanan, siap mengerahkan seluruh SDM, kemampuan serta berkoordinasi sebaik mungkin, guna mengawal, menjaga dan menciptakan kondusivitas guna suksesnya Pilkada 9 Desember mendatang.

Pelatihan virtual Sispamkota ini diberikan kepada seluruh jajaran keamanan, yang akan mengawal jalannya Pilkada mendatang. Mereka adalah perwakilan TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan, Kesbangpol, KPU dan Bawaslu Kota Semarang.

Riyan