blank
Pasangan Hendi-Ita menunjukkan surat rekomendasi yang diturunkan DPP melalui DPW PKS Jawa Tengah, per 31 Agustus. Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Semarang, akhirnya memberikan rekomendasi bagi pasangan Hendi-Ita untuk maju dalam Pilwakot Semarang.

Surat keputusan rekomendasi itu diturunkan DPP melalui DPW PKS Jawa Tengah per 31 Agustus. Diserahkan langsung oleh Ketua DPW PKS Jateng Abdullah Fikri Faqih kepada Hendi dan Ita, di Kantor DPW PKS Jateng Jalan Kelud Raya, Semarang, Senin (31/8/2020).

Dengan turunnya rekomendasi itu, berarti keseluruhan partai politik di parlemen Kota Semarang yang memiliki kursi, secara aklamasi mendukung pasangan petahana ini untuk maju kembali memimpin Kota Semarang.

BACA JUGA : 80 Tahun Kiai Darodji: Terus Bersyukur dan Hidup Happy

”Ini prosesnya panjang, kita mulai komunikasi antarpartai baik di internal partai maupun dengan jajak pendapat. Keputusannya setelah melalui mekanisme internal, tanya kader, struktur, hingga ke tokoh ahli,” kata Ketua DPC PKS Kota Semarang, Suharsono.

Dia menambahkan, alasan PKS untuk mendukung Hendi–Ita di Pilwakot mendatang, lantaran kinerja keduanya selama memimpin Kota Semarang sudah terbukti, sehingga harus dilanjutkan.

”Untuk targetnya, kami menargetkan 90 persen perolehan suara dengan tingkat kehadiran pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di atas 80 persen,” imbuh dia.

Jadi Wayang
Sementara itu, Hendrar Prihadi saat dimintai keterangan menyatakan, dengan merapatnya PKS mendukung dirinya, merupakan hal yang bersejarah. Karena pada pilkada tahun-tahun sebelumnya, hal itu tidak pernah terjadi.

”Pilwakot tahun 2010 tidak sama PKS, tahun 2015 juga tidak sama PKS. Nah tahun ini mendapat dukungan dari PKS. Dengan ini saya sangat berterimakasih sekali, apalagi PKS akhirnya menjadi partai terakhir yang memberikan rekomendasinya,” ungkap Hendi.

Disinggung soal target saat kampanyenya, petahana wali kota yang biasa disapa Hendi ini menyerahkan sepenuhnya kepada tim pemenangan, yang terdiri dari koalisi seluruh partai.

”Tugas saya muter-muter, jadi wayang. Soal bagaimana targetnya nanti, yang mikir biar partai dan pendukung. Besok Selasa (1/9/2020), dideklarasikan dan dirapatkan siapa ketua timnya, dan strateginya seperti apa,” lanjutnya.

Sebagai catatan, hingga akhir Agustus pasangan petahana Hendi–Ita mendapatkan mandat dukungan dari sembilan partai yang memiliki kursi di parlemen, yaitu PDIP, Golkar, PSI, Nasdem, Demokrat, Gerindra, PAN, PKB, dan PKS, serta satu partai non parlemen yaitu PPP.

Hery Priyono-Riyan