blank
Danrem 074 Surakarta yang diwakili Kasrem Letkol (Inf) Ali Ikhwan (kiri), menyerahkan tropi kejuaraan dan hadiah uang pembinaan kepada pimpinan group musik tradisional.

SOLO (SUARABARU.ID) – Korem 074 Warastratama Surakarta, Selasa (25/8), menggelar festival musik tradisional. Festival yang diikuti para musisi lokal perwakilan dari masing-masing Kodim se Solo Raya ini, dibuka oleh Komandan Korem (Danrem) Kolonel (Inf) Rano Tilaar.

Mengambil tema ”Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif,” festival ini dilaksanakan dalam rangka Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif jajaran Korem 074 Surakarta pada Triwulan III Tahun 2020. Hadir dalam event ini, Kasrem Letkol (Inf) Ali Ikhwan, Kasiter Letkol (Caj) Achsin, Kasipers Letkol (Inf) Eko Juniarto, bersama para Pasiter Kodim beserta pendampingnya.

Kegiatan diawali laporan oleh Perwira Koordinator Pasi Komsos Mayor (Inf) Sudarmin. Danrem menyatakan, Indonesia adalah negara yang luas penuh dengan keberagaman dan ke-Bhinekaan. ”Orang yang tanpa pengetahuan sejarah masa lalu, tentang asal usul dari kebudayaan mereka, seperti pohon tanpa akar,” jelas Danrem.

blank
Danrem 074 Warastratama Surakarta, Kolonel (Inf) Rano Tilaar (kanan), menyampaikan sambutan pada acara pembukaan festival musik tradisional.

Kearifan Lokal
Orang Solo, tambah Danrem, konsisten menerima keberagaman dan ke-Bhinekaan. Melalui festival ini, Danrem mengajak untuk menjaga dan melestarikan keraifan lokal dan budaya warisan dari leluhur. Ada 7 group musisi lokal yang mengikuti festival ini, mereka merupakan kotingen dari masing-masing Kodim se jajaran Korem 074 Surakarta.

Tampil menjadi Dewan Pengawas untuk memberikan penilaian, adalah Drs F Purwa Askanta MSn, MSi, Sruti Respati dan Diwasa SSn. Hasil penilaian, untuk kategori penampil terfavorit diraih oleh kotingen Kodim 0725 Sragen, penampil dengan kreasi terbaik kontingen Kodim 0727 Karanganyar. Penampil aransemen terbaik Kodim 0723 Klaten, predikat ternasionalis diraih Kodim 0726 Sukoharjo.

blank
Para musisi dari kotingen Kodim 0728 Wonogiri, tampil menyajikan kebolehannya di festival musik tradisional Korem 074 Surakarta.

Untuk gelar penguasaan panggung terbaik Kodim 0735 Surakarta, penampil dengan kostum terbaik Kodim 0728 Wonogiri, dan predikat terkompak Kodim 0724 Boyolali. Masing-masing menerima tropi kejuaraan dan hadiah uang pembinaan yang diserahkan oleh Kasrem Letkol (Inf) Ali Ikhwan.

Bambang Pur