blank
Kapolres Jepara, AKBP Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH.

JEPARA(SUARABARU.ID)– Dalam setiap kali kita memperingati hari – hari  besar kenegaraan, tentu ada nilai yang ingin diwariskan dari momentum sejarah itu. Apalagi Peringatan  Hari Ulang Tahun  Republik Indonesia, sebagai momentum yang paling bersejarah dalam perjalanan bangsa Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Jepara, AKBP Nugroho Tri Nuryanto, SH, SIK, MH dalam perbincangan khusus dengan SUARABARU.ID terkait dengan peringatan HUT ke – 75 Republik Indonesia yang baru saja diperingati bersama.

blank

Menurut Nugroho Tri Nuryanto, jiwa,  semangat dan nilai  (JSN) 1945 merupakan intisari dan kristalisasi  proses perjalanan bangsa Indonesia dari masa ke masa. “Puncaknya adalah pada peristiwa Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945,” ujarnya.

Nilai-nilai itu kemudian disepakti oleh para pendiri bangsa, sebagai dasar dan landasan perjuangan dalam membangun bangsa ini. “Nilai dasar itu terdapat dalam setiap  nilai yang terkandung  dalam setiap sila  dari Pancasila,  Proklamasi, dan UUD 1945” ujarnya.

Sedangan secara operasional jiwa, semangat dan nilai  45 dapat dijabarkan antara lain sebagai  nilai ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,  jiwa dan semangat merdeka, persatuan dan kesatuan, patriotisme, nasionalisme, tanggung jawab, harga diri sebagai sebuah bangsa, pantang mundur,  semangat juang  yang  tinggi, disiplin serta berani dan bersedia berkorban untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Jiwa, semangat dan nilai 45 itu menurut Kapolres Jepara, saat ini menghadapi tantangan yang tidak ringan. “Kita setiap saat menghadapi gempuran nilai yang tidak lagi selaras dengan nilai-nilai yang diwariskan oleh para pejuang dan pendiri bangsa,” ujar Nugroho Tri Nuryanto.

Oleh sebab itu, ia mengajak  generasi muda di Jepara, pelajar dan mahasiswa untuk dengan sungguh-sungguh belajar dan  ambil bagian dalam mengobarkan kembali dan meneladani JSN 45 dalam kehidupan sehari-hari.

“Saya melihat dan mengamati telah ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh generasi muda di Jepara dalam konteks persoalan saat ini terkait dengan JSN 45, termasuk perannya dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Namun masih ada yang perlu untuk terus ditingkatkan  baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya,” ujar Kapolres Jepara.

Menurut Kapolres Jepara, generasi muda juga bisa berperan besar dalam mengkampanyekan gerakan disiplin untuk  mencegah berkembangnya covid – 19. “Mulai disiplin cuci tangan, disiplin  memakai masker, hingga   disiplin menjaga jarak,” ujarnya.

Hadepe – ua