Kasdim 0728 Wonogiri Mayor (Inf) Nurul Muthahar (kiri menghadap lensa) menyampaikan sambutan pada acara pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam upaya meningkatkan kesadaran bela negara, Kodim 0728 Wonogiri pimpinan Dandim Letkol (Inf) Imron Masyhadi, melaksanakan pembinaan kepada Pramuka Saka Wira Kartika ”Rade Mas Said.”

Pembinaan kepada Pramuka Saka Wira Kartika ”Raden Mas Said” ini mengamil tema ”Membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan.” Hadir dalam acara ini, Dandim 0728 Wonogiri yang diwakili oleh Kasdim Mayor (Inf) Nurul Muthahar dan Pasiter Kapten (Inf) Moch Sambudi. Juga hadir Pamong Saka Putra (Pelda Gatot Hariyanto, Pelda Suyata), Pamong Saka Putri (Siti Yuliani) bersama instruktur Gigih dan Sugiyarto.

Kasdim dalam sambutannya, menyatakan, Saka Wira Kartika dibentuk melalui kerjasama Kwartir Nasional (Kwarnas) gerakan Pramuka dengan TNI AD. Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega, untuk meningkatkan kesadaran bela negara, melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat. Untuk membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta tetap menjaga keutuhan NKRI.

Disiplin Inovatif
Tujuannya untuk membentuk generasi muda yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan (Wasbang). Sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan, mereka diharapkan mempunyai kepribadian yang kuat, bersemangat, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keras. ”Demi mendorong kemajuan, serta keberhasilan pencapaian cita-cita bangsa,” tandas Kasdim Mayor (Inf) Nurul Muthahar.

Kodim 0728 Wonogiri menggelar acara pembinaan kepada Pramuka Saka Wira Kartika, tentang peningkatkan bela negara dan Wasbang.

Sebagai generasi muda penerus bangsa, Pramuka Wira Kartika diharapkan dapat menjadi insan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi. Bersama elemen bangsa di Tanah Air, dapat mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang bermanfaat.Kapten (Inf) Moch Sambudi, menyatakan, terkait adanya pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19, kegiatan kenaikan tingkat Saka Wira Kartika dilakukan dengan hanya mengundang perwakilan.

Pramuka Saka Wira Kartika diharapkan menjadi pelopor generasi muda bangsa, senang bekerja keras, cerdas dan ikhlas. Memiliki jiwa dan watak nasionalisme, dengan lebih mementingkan kepentingan bangsa dan negara, dibandingkan kepentingan pribadi dan golongan.

Bambang Pur