blank
Isteri Plt Bupati Kudus, Hj Mawar Hartopo.foto:dok/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – DPC PKB Kabupaten Kudus membuat langkah kuda dengan merekrut Mawar Hartopo sebagai Wakil Ketua dalam jajaran kepengurusan DPC PKB Kudus  terbaru. Isteri Plt Bupati Kudus HM Hartopo tersebut mendampingi Ketua DPC baru H Mukhasiron.

Mukhasiron yang kini juga ketua Komisi D DPRD Kudus mengatakan, surat keputusan SK dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB telah terbit 13 Juli 2020 lalu dan akan berakhir pada Desember 2020.

Pengangkatan Mukhasiron sebagai ketua DPC PKB tertuang dalam surat keputusan Dewan Pengurus Pusat PKB Nomor 3011/DPP/01/VII/2020 tentang Penetapan Susunan Dewan pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Kudus.

Mukhasiron mengatakan, dalam SK itu Ilwani kini menjadi Sekretaris Dewan Syura. Ia mendampingi KH Ahmad Jazuli Basyir sebagai ketua Dewan Syura. Yang menarik, istri Bupati Kudus Hartopo, Mawar Anggraini juga didapuk sebagai wakil ketua DPC PKB.

“Selain Bu Mawar Hartopo ada juga nama-nama baru yang kami masukkan dalam struktural partai,” katanya, Selasa (21/7).

Mukhasiron menambahkan, dalam SK terbaru itu sudah lengkap berisi nama-nama jajaran pengurus. Mendampingi Ketua DPC PKB Mukhasiron yakni Sekretaris DPC PKB Amin Hidayat dan Suparno sebagai bendahara.

“Secara lengkap jajaran kepengurusan DPC PKB periode baru ini akan kami kenalkan pada peringatan harlah (hari lahir – Red) PKB yang akan kami gelar di kantor DPC PKB, Kamis malam (23 Juli),” katanya.

Mukhasiron mengatakan, digesernya jabatan Ilwani ini dimungkinkan pertimbangan DPP yang melihat Ilwani sebelumnya telah menjabat ketua DPC PKB selama dua periode. Sementara Mukhasiron menjabat sebagai sekretaris selama tiga periode.

Disinggung mengenai masa kepengurusan yang hanya sampai Desember 2020, Mukhasiron mengatyakan kalau hal tersebut merupakan upaya penyeragaman dari DPP. “Se Indonesia masa kepengurusan PKB akan diseragamkan,”tandasnya.

Kepentingan Pilkada

Sementara, disinggung khusus terkait bergabungnya Mawar Hartopo di jajaran pengurus PKB, Mukhasiron menambahkan, DPP melihat butuh penyegaran dan reorganisasi di tubuh PKB di Kabupaten Kudus.

Selain itu, sosok Mawar Hartopo juga dilihat figur yang kompeten dan memiliki kapabilitas untuk membesarkan partai pimpinan Muhaimin Iskandar tersebut.

Menurutnya, dengan kapasitas sebagai isteri Plt Bupati dan Ketua TP PKK, Mawar dinilai memiliki kemampuan dalam organisasi.

“Bu Mawar sekarang  juga aktif di Muslimat. Dan saya sudah mendapat restu dari Ketua Muslimat untuk membawa Bu Mawar ke jajaran pengurus PKB,”tandasnya.

Lebih dari itu, secara kedekatan politik, PKB juga memiliki hubungan yang erat dengan Plt Bupati Kudus HM Hartopo. Sebab, PKB merupakan salah satu partai pengusung yang mampu memenangkan pasangan Tamzil-Hartopo di Pilkada lalu.

“Kalau dibilang ini terkait dengan kepentingan Pilkada Kudus, saya kira masih jauh lah,”tandas Mukhasiron.

Dengan formasi ini, kata Mukhasiron, PKB berani mematok target untuk memenangkan pemilu mendatang. Sebab, saat ini PKB merupakan pemilik kursi terbanyak kedua di DPRD Kudus setelah PDIP. “Struktural partai ini juga telah dibahas dengan pengurus NU di Kabupaten Kudus,” katanya.

Berikut nama-nama jajaran pengurus DPC PKB Kabupaten Kudus:

Dewan Syura

Ketua                                             : KH Ahmad Jazuli Baasyir

Wakil Ketua                                    : Wiyono

Wakil Ketua                                    : KH Muhamammd Asnawi Hafid

Wakil Ketua                                    : KH Ahmad Thoha

Wakil Ketua                                    : KH Mujahid Dahlan

Sekretaris                                      : Ilwani

Wakil Sekretaris                              : Sutejo

Wakil Sekretaris                              : Sunarto

Dewan Tanfidz

Ketua                                             : Mukhasiron

Wakil Ketua                                    : Mawar Anggraini

Sekretaris                                      : Amin Hidayat

Wakil Sekretaris                              : Abdul Bashir

Wakil Sekretaris                              : Ahmad Khairil Badawi

Bendahara                                     : Suparno

Wakil Bendahara                             : Siti Rohmah

Wakil Bendahara                             : M Fuad Amrullah

Wakil Bendahara                             : Eka Kharisma Akbar

Wakil Bendahara                             : Noor Aji Yusuf