blank
dr Sartonoi

BREBES (SUARABARU.ID) – Hari ini kasus positif covid-19 di Kabupaten Brebes bertambah satu orang. Dengan demikian, saat ini terdapat 38 kasus positif covid-19 di kota bawang ini. Dari informasi yang didapat, satu kasus tersebut merupakan warga Kecamatan Ketanggungan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr Sartono melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Imam Budi Santoso, Jumat (19/6) membenarkan terkait adanya penambahan satu kasus covid-19 di Brebes tersebut. “Ini merupakan transmisi lokal. Kebetulan, pasien ini merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG),” jelasnya.

Imam mengatakan, awalnya pasien tersebut ingin berangkat ke Jakarta. Namun, berhubung harus memiliki surat keterangan sehat yang bersangkutan melakukan rapid test mandiri di Tegal. “Nah saat rapid test itu ketahuan hasilnya reaktif. Dan setelah diswab, hasilnya positif covid-19,” katanya.

Meski demikian, lanjutnya, yang bersangkutan saat ini melakukan isolasi mandiri dengan protokol kesehatan yang ada. “Kondisinya saat ini audah membaik dan tidak ada keluhan. Dan saat ini yang bersangkutan melakukan isolasi mandiri,” ucapnya.

Seperti dibertikan beberapa waktu lalu, di Brebes sebelumnya ada penambahan dua kasus. Dua kasus itu merupakan hasil dari rapid test massal di Pasar Buaran dan RSU Bumiayu. Sampai saat ini ada penambahan dua kasus positif baru.

Imam menjelaskan, kedua pasien positif yang baru ini merupakan Orang Tanpa Gejala (OTG). Karenanya, pihaknya masih berkordinasi dengan kecamatan dan desa terkait rencana isolasi mandiri. “Kedua pasien ini merupakan OTG. Dan rencananya akan diisolasi mandiri, ini sedang kordinasi dengan pihak kecamatan dan pemerintah desa,” jelasnya.

Harviyanto