blank
Tim SAR gabungan saat mengevakuasi jenazah Dasirun yang ditemukan di dasar kedung Curug Rambu Kasang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Senin (15/6/2020). Foto: Ant

CILACAP (SUARABARU.ID) – Tim Search and Rescue (SAR) gabungan berhasil menemukan korban tenggelam di Curug Rambu Kasang, Desa Grogol, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya.

“Korban atas nama Dasirun (23), warga Desa Kamal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada pukul 08.15 WIB setelah dilakukan pencarian dengan cara penyelaman selama 15 menit,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin.

Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, kata dia, jenazah Dasirun selanjutnya dibawa ke Puskesmas Cikesal, Kecamatan Ketanggungan, untuk penanganan lebih lanjut sebelum dipulangkan ke rumah duka.

Terkait dengan penyelaman untuk mencari korban, dia mengatakan hal itu dilakukan dengan menggunakan sistem circle, yakni gerakan memutar pada titik tenggelamnya korban yang memiliki kedalaman sekitar 7 meter dan luas area curug berdiameter 5 meter.

“Pada saat penyelaman, jarak pandang di dasar curug 0 meter. Untuk perjalanan ke lokasi kejadian ditempuh sekitar 60 menit karena jalurnya juga terjal dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki,” jelasnya.

Nyoman mengatakan dengan ditemukannya jenazah Dasirun, operasi SAR untuk mencari korban tenggelam di Curug Rambu Kasang dinyatakan ditutup dan seluruh potensi SAR yang terlibat telah kembali ke pangkalan masing-masing.

Menurut dia, operasi SAR tersebut melibatkan personel Basarnas KPP Cilacap, Polsek Ketanggungan, Koramil Ketanggungan, Polisi Hutan Banjarharjo, SAR Brebes, Ubaloka, PMI Brebes, dan dibantu warga sekitar.

Seperti diwartakan, peristiwa nahas yang dialami Dasirun terjadi saat korban bersama dua rekannya, Widi (25) dan Komar (23) yang juga berasal dari Desa Kamal mengunjungi Curug Rambu Kasang di kawasan hutan petak 81-G Resor Pemangkuan Hutan Ciseureuh, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjarharjo Timur, KPH Balapulang, yang masuk wilayah Desa Grogol, Kecamatan Ketanggungan, Brebes, pada hari Minggu (14/6), sekitar pukul 14.30 WIB.

Tiga pemuda tersebut mandi di kedung bawah Curug Rambu Kasang dan selang 30 menit kemudian, korban atas nama Dasirun tenggelam karena tidak bisa berenang, sedangkan dua  rekannya selamat.

Ant-trs