Ketentuan  “phsycal distancing” juga diterapkan pada perjalanan KA Kedung Sepur, kursi penumpang dibatasi hingga 50 persen. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Setelah lama tak beroperasi setelah ditetapkannya masa pandemi covid-19, KA Kedungsepur mulai perdana beroperasi pada Senin (8/6/2020). Hari perdana, kereta jurusan Semarang Poncol – Ngrombo PP ini membawa penumpang sejumlah 23 orang, 14 orang dari Semarang Poncol dan sembilan orang dari Stasiun Ngrombo.

Hal itu diterangkan Manajer Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro. Menurut dia, belum banyak penumpang yang menggunakan layanan KA lokal Kedungsepur di hari pertama.

“Hari ini KA Kedungsepur untuk trip yang pertama, ada 23 penumpang. Dari Semarang itu ada 14 penumpang dan yang dari Ngrombo 9 penumpang. Belum banyak yang menggunakan KA Kedungsepur pada hari pertama ini. Mungkin karena belum ada yang tahu kalau KA Kedungsepur ini kembali beroperasi dalam rangka mempersiapkanmasa normal baru, “jelasnya, Senin (8/6/2020).

Dijelaskan Krisbiyantoro, dalam rangka normal baru ini, KA Kedungsepur dioperasikan dengan jadwal mulai 8-30 Juni 2020. KA ini melayani perjalanan Semarang Poncol-Ngrombo via Stasiun Tawang, Alastuwa, Brumbung, Gubug, Karangjati, dan Sedadi dengan tarif  Rp 10 ribu per orang.

KA Kedungsepur menjelang keberangkatan dari Stasiun Ngrombo. Foto : Hana Eswe.

Pembatasan Penumpang

Guna mencegah penyebaran virus corona, penempatan tempat duduk juga dibatasi maksimal 50 persen atau 68 tempat duduk. Artinya, semua penumpang duduk sendiri di setiap baris nya sesuai dengan penerapan phsycal distancing.

“KA Kedungsepur berjalan mulai tanggal 8-30 Juni 2020 tetap dengan pembatasan kapasitas tempat duduk, yakni  dibatasi maksimal 50 persen atau 68 tempat duduk  saja. Kereta api ini berkapasitas 136 tempat duduk. Pengaturan tempat duduk ini memperhatikan Physical Distancing yang harus ditaati,” jelas Kris, sapaan akrabnya.

Dioperasikannya kembali KA Kedungsepur disambut baik oleh penumpang. Beberapa di antara mereka menggunakan layanan ini untuk kepentingan kerja.

Hana Eswe-trs

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini