blank
Bupati Wonosobo Eko Purnomo ketika mengunjungi Pasar Binangun Watumalang. (Foto : SB/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Wonosobo, Eko Purnomo mengunjungi Pasar Binangun Watumalang. Dalam kunjungan tersebut Eko Purnomo didampingi Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Wonosobo dan jajaran Forkompimcam Watumalang.

Di sela-sela melakukan kinjungan lapangan, orang nomer satu di kota pegunungan tersebut juga menyampaikan sosialisasi protokol kesehatan untuk mencegah terus menular dan menyebarnya virus Corona di masyarakat.

“Selama pandemi global Covid-19, warga harus disiplin memakai masker jika keluar rumah, selalu cuci tangan dengan sabun di air mengalir setelah melakukan aktifitas, jaga jarak dan menghindari kerumunan, jaga kesehatan diri dan lingkungan, rutin olah raga dan mengkonsumsi makanan bergizi,” tegasnya, Minggu (7/6).

Bupati Wonosobo juga berharap, selama wabah virus Corona ini, warga Watumalang harus bisa menjaga ketahanan pangan. Petani setempat musti mampu memanfaatkan lahan pertanian untuk ditanami aneka sayur-mayur sebagai penopang bahan pangan di masa Covid-19.

blank
Beberapa pedagang dan pengunjung Pasar Binangun Watumalang Wonosobo melakukan rapid test di komplek pasar setempat. (Foto : SB/Muharno Zarka)

Rapid Test

Secara bersamaan, Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Wonosobo dan Kecamatan Watumalang, melaksanakan rapid test terhadap pedagang, pembeli, karyawan toko, tukang ojek dan pengunjung pasar yang lain di komplek Pasar Binangun Watumalang.

Pelaksanaan rapid test dimulai pukul 07.00 WIB sampai jam 10.00 WIB yang diikuti 100 peserta. Rapid test dilakukan sebagai upaya dini penelusuran warga yang telah terjangkit virus Corona. Jika terdapat warga yang dinyatakan reaktif dalam rapid test langsung dilakukan isolasi di tempat karantiba khusus pasien Covid-19.

Dari sampel 100 orang yang dirapid test, terdapat 5 orang yang dinyatakan reaktif. Yang bersangkutan merupakan pedagang ikan tongkol dari daerah Kendal.

“Saat ini, warga dari luar Watumalang itu, sementara diisolasi di Ruang UKS SD 1 Binangun, sebelum dijemput Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dari Pemkab Kendal.” katanya.

Muharno Zarka/mm