blank
Wakapolres Wonogiri Kompol Edi Wibowo bersama jajaran prajurit TNI dari Kodim 0728 Wonogiri, melakukan Baksos membagi-bagikan nasi kotak dan takjil, diberikan kepada warga terdampak wabah virus corona.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – ”Sejak virus corona mewabah, sekarang susah mencari nafkah,” tutur Yanto lugas. Pengendara Ojol ini, menyebutkan, order narik penumpang sekarang tidak lagi dapat dilakukan. Sebab, kondisinya sepi, orang tidak bepergian, mematuhi anjuran stay at home (berdiam di rumah).

Di sisi lain, sepeda motor Ojol dilarang melakukan kegiatan antar-jemput penumpang dengan cara diboncengkan. Hal ini berkaitan dengan adanya ketentuan harus jaga jarak, pengendara Ojol tidak dibolehkan memberikan jasa memboncengkan orang.

Untuk bertahan agar tetap mendapatkan uang, demi menafkahi diri dan keluarganya, Yanto bersama-sama rekan peng-Ojol lain yang senasib, kini mengharapkan jasa dari pemesanan makanan melalui pelayanan go food. ”Tapi orderannya sepi, karena Bulan Ramadan ini,” keluhnya.

Oleh sebab itu, ketika datang rombongan TNI-Polri yang membagi-bagikan nasi kotak dan takjil, Yanto dan teman-temannya berusaha mendekat agar memperoleh pembagian. ”Terima kasih bapak,” tuturnya saat menerima pembagian nasi kotak legkap dengan air dalam kemasan dan juga takjil.

blank
Personel prajurit TNI dari Kodim 0728 Wonogiri, membagi-bagikan nasi kotak dan takjil dalam kegiatan Baksos peduli warga terdampak wabah virus corona.

Dapur Umum
Melalui dapur umum TNI-Polri Wonogiri pimpinan  Dandim Letkol (Inf) Imron Masyhadi dan Kapolres AKBP Christian Tobing, secara rutin memasak menu sahur dan buka puasa. Untuk kemudian dibagi-bagikan kepada masyarakat yang terdampak wabah virus corona pada sore menjelang waktu buka puasa, atau dinihari saat menjelang sahur.

Nasi dan takjil, dimasak oleh para personel Polres Wonogiri bersama prajurit TNI Kodim 0728 Wonogiri, yang mendirikan tenda dapur umum lapangan di halaman Makodim Wonogiri. Langkah ini, dilakukan untuk menyikapi warga yang terdampak pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19.

Sasaran penerima Bakti Sosial (Baksos) nasi kotak dan takjil, adalah mereka yang membutuhkannya, seperti pengendara Ojol, penyapu jalan, petugas kebersihan pasar, bakul sayur kelilingan, tukang parkir, abang becak, kuli panggul, buruh gendong dan warga yang pada menjelang waktu berbuka atau menjelang sahur, masih beraktivitas di jalan.

blank
Baksos dapur umum TNI-Polri Wonogiri, membagi-bagikan nasi kotak dan takjil kepada warga masyarakat terdampak Covid-19.

Pertolongan CTM
Dandim 0728 Wonogiri melalui Pasiops Lettu (Inf) Toto, menyatakan, Baksos on the road ini merupakan salah satu kegiatan jajaran Kodim 0728 bersama Polres Wonogiri, untuk memberikan pertolongan cepat, tepat, manfaat (CTM) kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Bersamaan dengan Baksos membagi-bagikan ratusan nasi kotak dan takjil tersebut, para personel Kodim dan Polres Wonogiri juga mengkampanyekan pencegahan wabah virus corona kepada masyarakat.

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing (kiri) memberikan nasi kotak dan takjil kepada pengendara Ojol.

Ini sebagaimana dilakukan ketika tim pembagi dipimpin Wakapolres Kompol Edi Wibowo bersama Perwira Siaga Kapten (Inf) Hengki, di ruas jalan protokol Kota Wonogiri. Ikut mendampingi, Kasat Sabhara AKP Sugihantoro dan Kapolsekta Wonogiri Kota AKP Dr Krisyanto, masing-maisng bersama jajaran.

Bambang Pur

blank