blank
PERSIAPAN - Petugas tengah menata paket sembako yang akan didistribusikan. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) Meskipun nol covid-19 atau status hijau, pemerintah Kota Tegal akan membagikan kembali 24.894 paket sembako kepada warganya. Pembagian akan dilaksanakan pada 15 Mei 2020 mendatang.

“Pembagian dilakukan langsung ke warga masyarakat tanpa seremonial,” kata Wakil Walikota Tegal, M Jumadi Senin (11/5/2020).

Bentuk bantuan sosial, kata Jumadi ada tiga, dari pemerintah pusat, provinsi dan dari Pemkot Tegal. Bantuan dari pusat seperti PKH, BST dan BNPT kuota untuk BST ada sekitar 10.000 lebih.

Bantuan tersebut langsung ke masyarakat melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), tidak melalui Pemerintah Kota Tegal. Kemudian bantuan dari Provinsi Jawa Tengah dengan kuota sekitar 7.000 juga diserahkan langsung kepada masyarakat.

Sedangkan bantuan dari Pemerintah Kota Tegal bersama DPRD berkolaborasi sedang menghitung, mana yang belum mendapatkan bantuan baik dari pusat, provinsi maupun Pemerintah Kota Tegal.

“Kemarin sampai hari ini kita hitung. Karena kita harus ada batas waktu, tidak mungkin kita harus selalu menunggu. Jadi hari ini sudah ada 24.894 paket sembako yang akan kita bagi pada Mei ini. Tanggal 15 Mei ini kita akan bagi kepada masyarakat,” tutur Jumadi.

Pendistribusian akan dibantu oleh supir angkot, agar mereka juga bisa bergerak roda ekonominya seperti biasa.

Harus sudah tidak ada penambahan lagi. Kemarin mencari data warga miskin saja susah. Apabila masih ada warga yang belum dapat, bisa melapor ke RT setempat. Menurut Jumadi, sudah cukup waktu sebulan lebih untuk mendata. Kalau semua dihitung hampir 54 ribu KK dibantu baik sama pemerintah pusat, provinsi maupun Pemkot Tegal.

Nino Moebi