blank
Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto meresmikan dapur umum didampingi Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono di Sanggar Pramuka Jalan Tentara Pelajar.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Guna meringankan warga yang terdampak pandemi corona, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen telah mendirikan dapur umum di Sanggar Pamuka Jalan Tentara Pelajar. Selama Ramadan 1441H dapur umum itu membagikan 1.000 nasi bungkus ke masyarakat di wilayah Kebumen.

Pembukaan dapur umum  tersebut diresmikan Wakil Bupati Kebumen yang juga Wakil Ketua  Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen H Arif Sugiyanto SH, Rabu (30/4) sore. Sejak saat itu sukarelawan BPBD akan membagikan 1.000 nasi bungkus setiap harinya selama bulan Ramadan.

Hal ini dikemukakan Wakil Bupati H Arif Sugiyanto SH usai meresmikan dapur umum Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kebumen di Pendopo Pramuka, Jalan Tentara Pelajar, Kebumen.”Mulai hari ini hingga akhir Ramadan kami akan bagikan 1.000 nasi bungkus buat warga berbuka Puasa. Hal ini guna meringankan beban warga terdampak Covid-19,”ujar  Wakil Bupati.

Arif Sugiyanto menjelaskan, berbagai elemen masyarakat saling bahu membahu untuk memasak aneka menu dan selanjutnya didistribusikan ke rumah-rumah warga, panti asuhan dan pondok pesantren menjelang berbuka Puasa. “Kami bekerja sama dengan anggota Pramuka, TNI, Polri dan tim Gugus Tugas memasak dan mendistribusikan nasi bungkus tersebut,”jelas Wakil Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara mengatakan, akan mengerahkan anggotanya untuk membantu mendistribusikan nasi bungkus tersebut setiap hari kepada warga. “Kami akan kerahkan anggota untuk kelancaran distribusi nasi bungkus untuk warga yang terdampak Covid-19,”tutur Dandim.

Dandim juga mengungkapkan, pihaknya dalam waktu dekat akan memberikan bantuan beras kepada warga yang terdampak Covid-19. “Kami punya program membagikan beras kepada warga terdampak Covid-19 di Kebumen. Namun saat ini masih menunggu perintah dari atasan kami. Ada 3  ton beras di gudang kami yang siap didistribusikan untuk warga,” jelas Dandim.

blank
Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan ikut membantu memasak ikan laut di dapur umum Sanggar Pramuka Jalan Tentara Pelajar.(Foto:SB?Ist)

Hal senada dungkapkan Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat meninjau dapur umum tersebut. Didirikannya dapur umum itu patut didukung guna membantu masyarakat yang terdampak penyebaran Covid-19. “Kegiatan ini merupakan hal positif yang harus diteruskan selain untuk membantu masyarakat kurang mampu yang terdampak akibat covid-19, juga untuk meningkatkan jiwa peduli sesama kita” kata AKBP Rudy.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Kebumen mengecek aktivitas di dapur umum. Tidak hanya itu, Kapolres bersama anggota ikut membantu memasak dan membungkus makanan yang akan akan didistribusikan bagi masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19.

Komper Wardopo