blank
dr A Hofur M Kes

TEGAL (SUARABARU.ID) – RSUD Suradadi Kabupaten Tegal, Sabtu (25/4/2020) menerima pasien W (47) rujukan dari Rumah Sakit Santa Maria Pemalang yang hasil rapid tes positif covid-19.

“Hari ini kita menerima pasien rujukan dari Rumah Sakit Santa Maria Pemalang yang hasil rapid test nya positif,” kata Kabid Pelayanan Medis dan Perawatan RS Suradadi, dr A Hofur M Kes, Sabtu (25/4).

Pasien tersebut merupakan warga Kabupaten Pemalang, namun bekerja di salah satu instansi di Kabupaten Tegal.

Hofur menjelaskan, untuk antisipasi pihak RS Suradadi sudah melakukan rapid test terhadap 37 petugas medis dan paramedis yang menangani pasien covid-19. Hasilnya, semua negatif. Tim Covid-19 medis ada 8 orang dan paramedis ada 13 orang.

Pemeriksaan tersebut dilakukan secara berkala. Untuk pemeriksaan selanjutnya dilakuan pada 7-10 hari berikutnya.

RA Suradadi juga menerapkan pemeriksaan screening untuk pasien yang akan periksa. Menyiapkan tempat khusus yang dibuat untuk screening pasien covid-19.

“Semua pasien yang akan periksa di RS Suradadi akan melalui screening ini guna mencegah penyebaran covid 19 di RS,” tutur Hofur.

Ditegaskan, pasien yang ada gejala panas, batuk, pilek sesak dan ada riwayat tracking (perjalanan) di kota yang termasuk endemis covid-19 atau zona merah, akan diperiksa khusus. Selain itu juga semua diwajibkan memakai masker dan penerapan physical distancing. Cek suhu dan cuci tangan juga wajib diterapkan.

Nino Moebi