blank
Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyerahkan APD kepada Sekretaris DKK setempat, dr Mohammad Riyatno MKes. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyerahkan 300 alat pelindung diri (APD) untuk menunjang tugas tenaga medis dalam penanganan pasien Covid-19 di daerahnya.

APD diterima secara simbolis oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonosobo dr Mohammad Riyatno M Kes di Pendapa Bupati setempat. Turut mendampingi Bupati, Ketua TP PKK Fairuz Eko Purnomo.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo, Rabu (22/4), menyatakan APD yang diserahkan tersebut untuk perlindungan tenaga medis dalam penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit dan Puskesmas yang ada di Wonosobo.

“Semoga APD ini bisa membantu para tenaga kesehatan, karena mereka sangat memerlukan APD untuk perlindungan diri saat penanganan pasien yang terpapar virus Corona,” tandasnya.

APD Kurang

blank
Sekretaris DKK Wonosobo, dr Mohammad Riyatno MKes. SB/Muharno Zarka

Sementara itu, Sekretaris DKK dr Mohammad Riyatno MKes yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Pemkab Wonosobo, mengatakan APD yang ada akan diutamakan untuk petugas kesehatan.

“Yang saat ini kekurangan APD adalah tim medis di Puskesmas maupun di tempat karantina. APD ini akan digunakan untuk tempat karantina di BLK. Jika nanti ada kelebihan baru didistribusikan ke Puskesmas,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk kekurangan APD tidak bisa memperkirakan angkanya, karena jumlah kasus pasien Covid-19 terus bertambah. Percepatan pertambahan kasus, lokasi karantina dan tim medis yang akan bertugas, menuntut adanya tambahan APD.

“Pemkab Wonosobo sudah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan APD. DKK telah menghitung kebutuhan APD sesuai proyeksi pertambahan kasus, lokasi karantina dan tim medis. Hingga pertengahan Mei 2020 kebutuhan APD masih mencukupi,” pungkasnya.

Muharno Zarka-Wahyu