blank
Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah menyerahkan bantuan kepada warga Dusun Selo Merah, Desa Banyudono, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Eko Priyono

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Warga masyarakat Dusun Selo Merah, Desa Banyudono, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, merasa bersyukur dan berterimaksih atas bantuan bahan pangan yang diberikan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu). Bantuan itu melalui program lumbung pangan.

“Kami seluruh warga merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada pihak–pihak yang telah memberikan bantuannya melalui program lumbung pangan Lazismu,” kata Darsono (60) salah satu warga Dusun Selo Merah.

Darsono menambahkan bahwa bantuan berupa kebutuhan bahan pangan itu sangat berarti karena dapat membantu meringankan beban ekonomi. Khususnya pada saat penghasilan sebagian besar masyarakat menurun akibat kebijakan pembatasan sosial.

Pengurus Lazismu Dukun M Nursahid Muslim mengatakan, sejak munculnya wabah Corona Virus Disease (Covid-19).  Lazismu Kabupaten Magelang melalui Kantor layanan (KL) Lazismu Dukun memberikan bantuan kepada warga dusun yang berjarak 12 kilometer dari puncak Gunung Merapi tersebut.

“Sumbangan berupa beras, gula pasir, minyak goreng, mi instan dan lauk pauk kepada warga masyarakat terdampak dengan basis rumah tangga atau kepala keluarga (KK). Dari 175 KK yang ada di Dusun Selo Merah, untuk saat ini ada 100 KK yang diberi bantuan,” katanya.

Dengan adanya kebijakan pembatasan sosial dalam aktivitas keseharian ini, tambahnya,  menjadikan berkurangnya mobilitas masyarakat yang akhirnya berdampak pada persoalan ekonomi. “Aktivitas warga terutama yang terkait dengan pekerjaan ikut terpengaruh, yang berdagang menjadi sepi pembeli dan yang petani kesulitan menjual produk pertaniannya. Ditambah dengan biaya produksi tanam yang meningkat,” ujar M Nursahid.

“Mudah – mudahan dengan adanya bantuan ini mendorong tumbuhnya jiwa solidaritas dan kemanusiaan di antara sesama, kelompok warga yang mampu membantu warga lain yang tidak mampu, semoga bencana wabah covid-19 ini dapat memperkuat kebersamaan dalam setiap menghadapi serta menyelesaikan problematika kehidupan di masyarakat,” katanya.

Dia menambahkan bahwa pemberian bantuan kebutuhan pangan akan terus dilakukan kepada kelompok rumah tangga yang terdampak lainnya. Lazismu siap menyalurkan bantuan dari para donatur, baik berupa barang kebutuhan pangan, uang, maupun barang lainnya. Untuk donasi barang selain bahan pangan akan dilakukan proses lelang yang hasil penjualannya akan dibelikan bahan pangan.

Eko Priyono-trs.