blank
Ketua DPC Partai Hanura Kota Magelang HIR Jatmiko, (Dok Pribadi),

 

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Langkah penanggulangan penyebaran Virus Corona yang dilakukan Pemkot Magelang melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dinilai cepat dan tepat.

Sejak Kota Magelang ditetapkan kejadian luar biasa (KLB) Covid-19 pada 26 Maret 2020, pemkot langsung bergerak sehingga upaya memutus rantai penyebarannya efektif.

Pendapat itu disampaikan Ketua DPC Partai Hanura Kota Magelang HIR Jatmiko, Jumat (17/4).

Anggota DPRD Kota Magelang dua periode yang tergabung dalam Fraksi PDI Perjuangan menerangkan, langkah yang ditempuh Pemkot Magelang setidaknya untuk sementara ini memberikan rasa nyaman dan aman bagi warga kota.

‘’Kami semua harus patuh terhadap apa yang diminta pemkot  sejak awal. Untuk tidak keluar rumah, menjalankan physical dan soscial distancing, rajin cuci tangan pakai sabun dan memakai masker jika ke luar rumah. Ini bagian dari kewajiban semua warga untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,’’ tuturnya.

Dia mengaku, physical dan sosial distancing memang berdampak kepada warga, khususnya pedagang kecil, tenaga harian, tukang becak, buruh dan sebagainya.

Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang itu mengapresiasi langkah penanggulangannya, dengan memberikan bantuan sembako yang didata melalui RT, RW dan kelurahan. Juga partisipasi warga Kota Magelang yang memberi bantuan sembako, makan siang, memagi masker dan lainnya kepada warga yang membutuhkan dan melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri.

Jatmiko menuturkan, banyak program yang bisa diakses oleh masyarakat yang terdampak secara ekonomi karena Covid-19. Seperti kartu pra kerja, keringanan pajak dan lainnya.

‘’Saya mengapresiasi  langkah yang diambil Pemkot Magelang. Ke depan diharapkan lebih masif lagi sehingga memberikan dampak yang makin nyata dirasakan masyarakat,’’ ungkapnya.

Anggota Badan Kehormatan DPRD Kota Magelang menjelaskan, masyarakat bawah adalah yang terdampak secara langsung. Mereka penggerak sektor informal yang pendapatannya harian. Mereka adalah orang yang diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan.

Mengenai penanganan mereka yang terpapar Covid 19, Jatmiko mengemukakan pemerintah telah bertindak cekatan. Terbukti beberapa pasien sembuh, itu menunjukkan totalitas penanganannya.

‘’Para tenaga medis yang berada di garda terdepan juga diperhatikan oleh Pemkot Magelang. Salah satunya diprioritaskan untuk rapid test,’’ ujarnya. (Pro/Kota Magelang)

Editor : Doddy Ardjono