blank
Ketua DPC Partai Gerindra Kudus bersama jajaran pengurus saat menyerahkan bantuan APD ke Kepala Dinas Kesehatan Kudus. foto: Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kudus kembali menyalurkan bantuan 30 unit alat pelindung diri (APD) untuk ‎tenaga medis. Bantuan APD itu disalurkan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus, Kamis (16/4).

APD diberikan untuk membantu tenaga medis di lapangan selama bertugas menangani wabah Covid-19 di Kudus.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kudus Sulistyo Utomo menjelaskan, selama ini, APD menjadi alat kesehatan yang cukup sulit didapatkan. Sehingga dengan bantuan tersebut diharapkan bisa memudahkan tenaga medis di lapangan.

“APD yang kami berikan hari ini ada 30 buah, ada yang sekali pakai dan yang bisa dipakai berulang,” kata politisi yang akrab dipanggil Sulis ini.

Pemberian tahap selanjutnya pun, akan diupayakan secepatnya guna membantu tenaga medis. Bantuan yang akan disalurkan berupa hand sanitizer dan masker.

“Nanti setelah ini kami akan berikan hand sanitizer dan masker, kami sedang mencari barangnya,” terang Sulis yang juga Wakil Ketua DPRD Kudus.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Joko Dwi Putranto menjelaskan, sejumlah APD yang diberikan untuk sementara akan dikumpulkan dan didata. Kemudian akan disalurkan ke sejumlah fasilitas kesehatan penanganan Covid-19.

“Nanti disalurkan sesuai kebutuhan, karena semua butuh APD jadi tidak ada prioritas penyaluran,” kata Joko.

Selain itu, APD saat ini tidak hanya diperlukan di tempat medis saja. Melainkan juga diperlukan di sejumlah lokasi di tempat karantina.

“Saat ini tempat karantina juga butuh banyak APD oleh karena itu tidak ada prioritas,” ujarnya.

Sementara terkait ketersediaan APD yang dianggarkan dari dana sebesar Rp 15,3 miliar, Joko mengatakan akan mulai diterima mulai Senin pekan depan.

Tm-Ab