blank
Walikota Surakarta, FX Rudyatmo (kiri), menerima penyerahan nama 12 kandidat untuk job 4 Kepala Dinas, dari Ketua Pansel Anwar Hamdani (kedua dari kiri).

SOLO (SUARABARU.ID) – Sebanyak 12 nama kandidat untuk pengisian job 4 jabatan kepala dinas, Jumat (27/3), diserahkan ke Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo. Penyerahannya berlangsung di ruang rapat Walikota Surakarta, dilakukan oleh Panitia Seleksi (Pansel) yang dipimpin Dr Anwar Hamdani SH, SE, MM, MHum.

Anwar Hamdani selaku Ketua Pansel Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta Tahun 2020, menyatakan, untuk pengisian 4 jabatan kepala dinas eselon II, diawali dengan lelang terbuka dan kompetitif yang diikuti oleh 27 orang pejabat eselon III. Tapi yang kemudian lolos seleksi administrasi ada sebanyak 25 orang.

Proses tahapan seleksi selanjutnya, akhirnya mengerucut tinggal sebanyak 12 orang yang dinyatakakan lolos seleksi tahap akhir. Ke 12 orang tersebut, terdiri atas masing-masing tiga nama untuk calon pengisian di job 4 jabatan eselon II Kepala Dinas atau pimpinan calon Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Peluang Sama
Dari 12 kandidat yang diserahkan oleh Pansel tersebut, ungkap Anwar, masing-masing memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk menduduki jabatan Kepala Dinas eselon II. ”Masing-masing mempunyai kelebihan dan track record kinerja yang sangat baik,” jelas Anwar Hamdani.

Pansel yang dibentuk oleh Walikota, terdiri dari unsur akademisi, tokoh masyarakat dan birokrat. Yakni Anwar Hamdani (STIE AUB Surakarta), Tuhana (UNS), Budi Yulistianto (Tokoh Masyarakat), Ahyani (Birokrat) dan Nur Haryani (Birokrat).

 

Setelah menerima hasil seleksi dari Pansel, Walikota Surakarta akan segera memproses ke Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk memperoleh persetujuan. Dengan persetujuan dari KASN, Walikota selanjutnya akan mengajukan permohonan ijin kepada Kemendagri, untuk melaksanakan pelantikan.
blank
Walikota Surakarta, FX Rudyatmo, akan segera membawa 12 nama kandidat yang lolos seleksi ke Komisi ASN. Sebelum kelak akan diambil 4 untuk menduduki jabatan Kepala Dinas.

Rapat Pleno
Menurut Anwar Hamdani, masing-masing tiga kandidat yang diusulkan untuk job 4 jabatan eselon II tersebut, merupakan hasil rapat pleno Pansel yang didasarkan dari hasil seleksi; uji kompetensi, uji gagasan, wawancara, dan rekam jejak karir serta sosio kultural dimana bertempat tinggal maupun bekerja, serta uji kesehatan dari peserta seleksi.

”Tentang siapa kelak yang ditunjuk menjadi Kepala Dinas, itu adalah hak prerogatif Walikota,” tegas Anwar Hamdani. Berdasarkan hasil rapat pleno Pansel yang telah diserahkan ke Walikota itu adalah sebagai berikut:

I. Formasi Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah:

  1. Dra Andriyani Sasanti MM (Kepala Bidang Pembinaan, Kesejahteraan dan Kinerja Aparatur pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah).
  2. Dian Rineta ST, MSi (Kepala Bidang Pemberdayaan Fakir Miskin Dinas Sosial Kota Surakarta).
  3. Heri Purwoko Joko Siswanto SH, MM (Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Surakarta).
II. Formasi Kepala Dinas Kebudayaan:
  1. Agung Riyadi S.Sos, SH, MM (Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Surakarta).
  2. Drs Agus Santoso MM (Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Surakarta).t
  3. Drs Mufti Rahardjo MM (Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta).

III. Formasi Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan:

  1. Drs AG Agung Hendratno M.Si (Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta).
  2. Drs Aryo Widyandoko M.H ( Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Surakarta).
  3. Ir Harjana MM (Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat Kota rakarta).

IV. Formasi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja:

  1. Arif Darmawan S.Sos, MM (Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surakarta).
  2. Indradi AP, SH, MM (Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Surakarta).
  3. Widyastuti Pratiwiningsih SIP, MM (Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kota Surakarta).

Bambang Pur