blank
Kapolres Jepara turun langsung memimpin operasi dari atas truk terbuka. ( Foto : Humas Polres)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto, S.H.,S.I.K.,M.H . merasa perlu untuk turun langsung ke jalan memimpin operasi antisipasi dan pencegahan penyebaran virus corona  di Jepara.

Operasi gabungan   berlangsung  Senin  jam 22.00, 23 Maret 2020 – hingga Selasa dini hari ini   mengerahkan 125 personil Polres Jepara.

Dalam operasi ini personil Polres, disamping  membagikan maklumat Kapolri tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus Corona (Covid-19), juga memberikan motivasi langsung kepada kepada warga tentang bahaya virus ini.

“Salah satu cara efektif adalah tinggal dirumah dan menghindarkan kontak dan interaksi secara langsung,” ujar Kapolres Jepara ketika berada di Angkringan Simpang Ruwet.

Kapolres Nugrohoho Tri Nuryanto yang naik truk terbuka dengan didampingi oleh  para Kabag, Kasat dan seluruh perwira staf ini senantiasa turun langsung menyapa dan memberikan motivasi dan himbauan kepada warga untuk bersama-sama mengantisipasi masuknya virus corona ke Jepara.

blank
Anggota Polres Jepara memberikan Maklumat Kapolri

“Kurangi hal yang tidak penting seperti   kongkow-kongkow di jalan atau caffe. Lebih baik dirumah bersama keluarga. Sebab dengan cara itu berarti ikut serta dalam mengatasi persoalan bangsa” pinta Kapolres Jepara.

Sasaran kegiatan patroli tingkat Polres yang juga melibatkan  gabungan personil Satfung Polres Jepara dfan Polsek ini adalah ditempat-tempat nongkrong di wilayah Kota Jepara diantaranya sepanjang Jl Raya HOS Cokroaminoto,  cafe JNJ,  warung nasi kucing,  terminal kota,  alun-alun 2 ,  pasar Jepara 2,  SCJ  dan  Alun-alun Jepara.

Disamping itu operasi juga menyasar kawasan nasi kucing di Jl. Ahmad Yani Pengkol dan bahkan   tempat karaoke di Pungkruk. Operasi yang merupakan tindak lanjut Maklumat Kapolri ini juga dilakukan atas perintah Kapolda Jawa Tengah.

“Akan kami lakukan rutin dan terus menerus. Hingga masyarakat sadar akan bahaya virus corona hingga tingkat kecamatan dan desa,” ungkap Kapolres. Ia juga meminta semua  karaoke dan cafe yang ada di Jepara untuk tutup.

Sebelumnya pada Senin (23/3-2020)  siang Kapolres juga telah melakukan sosialisasi bersama Dandim 0719 Jepara Letkol Arm Suharyanto. Sosialiasi ini  melibatkan aparat Polres Jepara dan Kodim 0719 Jepata.

blank
Sosialisasi bersama Kapolres Jepara dan Dandim 0719 Jepara

Disamping sosialisasi, juga juga dilakukan penyemprotan disinfektan disepanjang jalan  Jl. KS. Tubun – Jl  Kartini – Jl. Diponegoro – Jl. Untung Suropati – Jl. Patimura – Jl. Ahmad Yani – Jl. Shima – Jl. KH. Fauzan – Jl. Pemuda.  Juga pemberian bantuan  Hand Sanitazer / Antiseptic dan Masker di Pasar Jepara 1 dan Tugu Kartini Jepara.

Hadi Priyanto.