blank
Gerard Pique/dok

BARCELONA (SUARABARU.ID) – Wabah virus corona berdampak ke klub-klub top, tak terkecuali Barcelona. Para pemain klub Catalan dikabarkan menerima rencana pemotongan gaji sementara. Wabah virus mematikan itu membuat kompetisi diliburkan. LaLiga (Liga Primer Spanyol)menangguhkan kompetisi, begitu pula dengan turnamen internasional seperti Liga Champions dan Liga Europa.

Tanpa pertandingan, Barca dan klub-klub lain kehilangan pemasukan besar dari tiket. Agenda-agenda sponsor pun turut terganggu. Dewan direksi La Blaugrana telah melakukan rapat untuk mencari jalan keluar mengatasi persoalan finansial ini. Salah satu opsinya adalah memangkas gaji pemain.

Los Cules mengeluarkan sekitar 507 juta euro per tahun hanya untuk gaji pemain. Itu kurang lebih 61 persen dari total anggaran klub untuk musim 2019-2020. Presiden Barca Josep Maria Bartomeu sudah mengungkapkan opsi pemangkasan gaji itu ke jajaran pemain. Sebut saja Lionel Messi, Sergio Busquets, Sergi Roberto, dan Gerard Pique.

Messi dan kolega pada dasarnya setuju dengan ide itu. Meski demikian, penerapannya masih akan butuh proses lebih lanjut. Namun, pemangkasan gaji tidak berlaku untuk beberapa seksi klub. Di antaranya tim perempuan, tim muda, dan tim pada cabang olahraga lain. (rr)