blank
Petugas dari BPBD Grobogan saat melakukan penyemprotan disinfektan di tempat layanan cek fisik kendaraan bermotor. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Grobogan sebagai salah satu instansi yang melayani masyarakat di bidang perpajakan kendaraan bermotor. Meski pemerintah telah menetapkan social distance guna memutus mata rantai penyebaran virus corona, namun Samsat Grobogan tetap membuka layanan seperti biasa.

Meski demikian, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, petugas dari BPBD Grobogan dan PMI Grobogan melakukan penyemprotan disinfektan di Samsat Grobogan, Sabtu (21/3/2020).

Penyemprotan disinfektan ini dimulai dari arah pintu masuk Samsat Grobogan. Di sini, petugas melakukan penyemprotan di tiap sudut area, termasuk tempat parkir.

Penyemprotan berlanjut ke tempat cek fisik kendaraan dan ruangan petugas yang berada satu kompleks. Selanjutnya, penyemprotan dilakukan ke ruang kerja Kanit Regident Satlantas Polres Grobogan, Iptu Iman Santoso, SH.

“Penyemprotannya dilakukan di semua tempat di Samsat Grobogan, tanpa kecuali. Bahkan, meskipun ada masyarakat yang tengah menunggu antrian pembayaran PKB, petugas tetap menyempotkan disinfektan,” ujar Iptu Iman, di sela-sela penyemprotan tersebut.

blank
Kanit Regident Satlantas Polres Grobogan, Iptu Iman Santoso, mengecek langsung penyemprotan disinfektan di ruang loket pembayaran. Foto : hana eswe.

Di ruang utama, yakni loket pembayaran pajak tahunan maupun pajak lima tahunan, petugas melakukan penyemprotan disinfektan. Tempat duduk yang biasa dipergunakan petugas maupun masyarakat tidak luput dari penyemprotan ini.

Di samping itu, guna memberikan rasa aman dan nyaman saat pelayanan, para petugas Samsat Grobogan mengenakan masker dan sarung tangan. Beberapa masyarakat juga diminta melakukan cuci tangan dengan hand sanitizer sebelum masuk ke ruangan.

“Kegiatan ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran virus corona. Para petugas stand by dengan menggunakan masker dan sarung tangan saat melayani masyarakat. Kemudian, para pemohon yang hendak melakukan perpanjangan atau pembayaran pajak tahunan kita imbau untuk cuci tangan dulu dengan hand sanitizer yang kita sediakan. Semua demi keselamatan kesehatan masing-masing,” pungkasnya.

Hana Eswe-Wahyu