blank
Koramil Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri memprakarsai gerakan penghijauan massal. Gerakan ini dikemas dengan tema tanam pohon untuk negeri.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Gerakan penghijauan penanaman pohon secara massal, dilakukan di dua kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Yakni di Kecamatan Slogohimo dan Kecamatan Puhpelem. Di Kecamatan Slogohimo, dikemas dengan tema tanam pohon untuk negeri. Kemudian di Kecamatan Puhpelem, untuk melestarikan alam dan memproteksi potensi sumber mata air.

Di Kecamatan Slogohimo, komando gerakan penghijauan penanaman pohon secara massal dipimpin oleh Danramil-22 Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Arm) Yadiman. Kegiatannya dipusatkan di kompleks Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Waru. Tujuannya, untuk mengajak anak-anak sekolah, khususnya para siswa SD Negeri 1 Waru, memiliki rasa cinta terhadap lingkungannya, dan demi mendukung upaya mengurangi dampak pemanasan global.

Tema ”Tanam pohon untuk negri,” bermakna dengan menanam pohon, dijadikan media untuk menumbuhsuburkan rasa cinta terhadap Tanah Air. Dengan menanam pohon, menjadikan udara tetap bersih, kesedian air tetap terjaga, dan pohon dapat menjaga kita dari bencana alam banjir maupun tanah longsor.

blank
Prajurit TNI Koramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, bersama pamong desa dan warga, melakukan gerakan penghijauan massal untuk pelestarian sumber mata air.


Sumber Mata Air
Hadir dalam kegiatan tersebut para personel Koramil-22 Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri, Kepala Sekolah SD Negeri 1 Waru, Ismiyanto, Wakasek Humas SMA Negeri 1 Slogohimo, Sutrisno, Pimpinan Pemuda Ansor Kecamatan Slogohimo, Heri, Ketua Banser, Alim, Ketua Organisasi ICW, Joko, Ketua Organisasi Alby Bengkel, Maria, para Babinsa, guru dan karyawan SD Negeri 1 Waru.

Sementara itu gerakan massal penghijauan penanaman pohon ini, dilaksanakan bersama dengan jajaran Forkopincam. Dipusatkan di kompleks sumber mata Air Ringin Gedhe, Dusun Weru, Desa Golo, Kecamatan Puhpelem (70 Kilometer arah timur laut Kota Wonogiri).

Danramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, Kapten (Inf) Tono, menyatakan, gerakan massal penghijauan penanaman pohon ini,  bertujuan konservasi alam dan pelestarian lingkungan, menjaga dan memelihara sumber mata air. Keberadaan sumber mata air Ringin Gedhe, selama ini mampu mencukupi kebutuhan air bagi masyarakat.

blank
Gerakan penghijauan penanaman pohon, dilakukan oleh jajaran Koramil bersama pamong desa dan masyarakat. Tujuannya untuk konservasi lahan dan pelestarian alam.
Adapun jenis bibit pohon yang ditanam, meliputi Jambu Kristal, Gayam, Sengon dan Alpokat. Batuud Pelda Bambang mewakili Danramil-24 Puhpelem, menyatakan, kegiatan ini perlu digalakkan oleh semua unsur masyarakat, dengan mendapatkan dukungan dari jajaran dinas dan instansi serta institusi pemerintahan. Untuk menjaha kelestarian alam dan sumber mata air, menjadi tanggung jawab bersama.
 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Puhpelem, Jaiman, Kapolsek Puhpelem beserta jajaranya, Batuud Koramil-24 Puhpelem beserta anggota, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Puhpelem, Wardi, Kepala Desa (Kades) Golo beserta perangkat desa, para siswa SMK Negeri 1 Puhpelem dan para siswa dari sekolah lain di Puhpelem.

Bambang Pur