blank
Wakil Wali Kota Windarti Agustina (berjilbab) bersama Sekda Joko Budiyono dan masyarakat menyapu trotoar Jalan Pemuda, (Prokompim Pemkot Magelang)

blankMAGELANG (SUARABARU.ID)- Ratusan  warga Kota Magelang bersama Wakil Wali Kota Windarti Agustina, Sekda Joko Budiyono, tokoh masyarakat dan kepala OPD, melaksanakan kegiatan ‘Jumat bersih’ di sekitar alun-alun dan berbagai jalan protokol.

Kegiatan dengan tema ‘Cinta Kebersihan’ yang berlangsung Jumat (6/5) merupakan salah satu agenda Moncer Serius 2020. Penggagas kegiatan ini adalah Forum Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) / Corporate Social Responsibility (CSR) Kota Magelang bekerja sama dengan Dinas Sosial setempat. Tujuannya memotivasi dan menginspirasi masyarakat agar peduli terhadap lingkungannya.

Kegiatan dimulai dengan apel dan penyerahan secara simbolis sapu lidi dari Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina, kepada Ketua Penasihat Forum TJSLP Slamet Santoso.Selanjutnya, peserta dibagi ke 11 titik lokasi kerja bhakti di seluruh jalan protokol di Kota Magelang.

Windarti mengapresiasi kegiatan ini, terlebih antusiasme dan kebersamaan yang ditunjukkan masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitarnya agar tetap bersih dan indah.

Menurutnya, kegiatan kerja bhakti ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk menyosialisasikan budaya hidup bersih dan sehat kepada masyarakat.

‘’Mudah-mudahan ini menginspirasi semua organisasi kemasyarakatan yang lain untuk bersama-sama menciptakan suasana yang sejuk, nyaman dan indah bagi Kota Magelang,’’ harapnya.

blank
Peserta kerja bakti ‘Jumat Bersih’ melaksanakan aprl sebelum kegiatan dilaksanakan, (Prokompim Pemkot Magelang)

Menurutnya, prestasi dan berbagai penghargaan yang diraih Kota Magelang, seperti Adipura dan Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat, tidak lain karena peran serta masyarakat yang aktif ikut serta dalam  mendukung program-program pemerintah.

‘’Selama ini masyarakat Kota Magelang selalu nyengkuyung (mendukung) upaya pemerintah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat,’’ ujarnya.

Windarti berharap, agar keterlibatan Forum TJSLP dalam gerakan kebersihan di Kota Magelang bisa menjadi sebuah aksi yang berkelanjutan.

Terlebih menanggapi situasi global saat ini, yakni merebaknya virus Covid-19 atau virus Corona, dan kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah di beberapa daerah di Indonesia.

‘’Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan, mulai dari diri sendiri, termasuk menjaga kebersihan lingkungan. Pola hidup bersih sehat yang telah kita terapkan selama ini ternyata bisa menjadi salah satu cara menangkal virus Corona,’’ tegasnya.

Sekda Joko Budiyono yang juga Ketua Forum TJSLP Kota Magelang menambahkan, kerja bakti ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat melalui Forum TJSLP.

Joko berharap, langkah ini memberikan kontribusi untuk mewujudkan kemajuan bagi Kota Magelang dan kesejahteraan bagi masyarakat.

‘’Ada dua hal yang menjadi fokus utama Forum TJSLP. Yaitu membantu menata kota, dan membantu mengentaskan kemiskinan,’’ terangnya. (pro)

Editor : Doddy Ardjono