blank
Suasana Rakor di Aula Polres Kendal.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana, membuka kegiatan Rapat Koordinator(Rakor) Lintas Sektoral dalam rangka Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2020 yang digelar di Aula Polres Kendal, Sabtu (27/2/20).

Hadir dalam Rakor Linsek ini antara lain Dandim 0715 Kendal Letkol Inf. Ginda Muhammad Ginanjar, Kepala Kesbanglinmas Kab. Kendal, Kepala Satpol PP dan Damkar Kab. Kendal, Pejabat Utama Polres Kendal, serta diikuti oleh Kapolsek dan Danramil jajaran Kabupaten Kendal.

Dalam sambutannya Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana menyampaikan bahwa para personel tidak boleh underestimate (meremehkan) dengan pelaksanaan Pilkades serentak, karena merupakan pesta rakyat yang sebenarnya.

“Jangan membandingkan Pilkades serentak kali ini dengan pilkades 6 tahun yang lalu, karena sekarang IT semakin canggih dan calon menggunakan media sosial sebagai alat kampanye.

Tidak dipungkiri hal ini kemungkinan dapat menimbulkan efek negatif yaitu untuk penyebaran berita hoax dan black campaign oleh calon, tim sukses maupun masa pendukungnya,” kata Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana.

Kapolres juga meminta agar seluruh jajaran Forkompinda bersinergi untuk mendukung pelaksanaan pengamanan Pilkades ini agar situasi di wilayah Kabupaten Kendal tetap kondusif.

Kepada para peserta rakor linsek Kapolres juga menekankan untuk selalu menjaga netralitas TNI-Polri. Selain itu juga dengan adanya kemungkinan potensi bencana alam karena pelaksanaan Pilkades dalam musim penghujan perlu diantisipasi dan dipersiakan solusinya, mengenali potensi konflik di semua tahapan di tempatnya masing-masing dan ketika terjadi konflik rangkul tokoh berpengaruh untuk netralisir keadaan.

“Jangan underestimate, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab, kenali rekan kerja yang bertugas dalam pengamanan dan selalu komunikasi satu dengan yang lain,”ujar Kapolres Kendal AKBP Ali Wardana.

Dandim 0715 Kendal Letkol Inf. Ginda Muhammad Ginanjar menambahkan, agar dalam pelaksanaan pengamanan Pilkades serentak 2020 para petugas dalam melaksanakan pengamanan untuk senantiasa turun ke lapangan dan merangkul baik tokoh maupun seluruh warga masyarakat.Agung-mm