blank
Ketua DPRD Wonosobo H Afif Nurhidayat SAg menyematkan pin kehormatan kepada para mantan Direktur Utama PDAM Tirta Aji di sela-sela Tasyakuran HUT ke-44. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Direktur Utama PDAM Tirta Aji Wonosobo H Mochammad Sjahid SIP MSi mengatakan beberapa tahun ke depan sejumlah karyawan perusahaan daerah yang dipimpinnya akan memasuki masa pensiun atau purna tugas.

“Ke depan PDAM Tirta Aji Wonosobo akan merekrut pegawai dari kalangan generasi milenial. Rekrutmen karyawan dengan kemampuan penguasaan tehnologi digital yang tinggi guna mengantisipasi tantangan dan perkembangan zaman yang semakin pesat,” katanya.

H Mochammad Sjahid mengatakan hal itu, di sela-sela acara “Tasyakuran HUT ke-44 PDAM Tirta Aji Wonosobo Tahun 2020”, di halaman parkir belakang Kantor PDAM Tirta Aji setempat, Senin (3/2). Tasyakuran belangsung penuh dengan suasana kekeluargaan.

Hadir dalam kesempatan tersebut seluruh mantan Direktur Utama PDAM Tirta Aji, Dewan Pengawas, Ketua DPRD H Afif Nurhidayat SAg, Sekda Drs One Andang Wardoyo MSi, Ketua Komisi B Eko Prasetyo HW SH dan Ketua IPHI KH Supomo Ibnu Syahid S Sos MSi.

Mochammad Sjahid menambahkan melalui penerapan office development program (ODP) layanan yang diberikan PDAM Tirta Aji menggunakan model billing sistem. Semua layanan sudah terintegrasi melalui sistem online sehingga bisa memudahkan pelanggan.

“Pembayaran tarif air PDAM dan pendaftaran pelanggan baru semua melalui sistem online. Debit air yang ada di semua sumber mata air juga bisa dipantau lewat android atau telpone pintar. Ini tentu butuh penyiapan SDM yang mumpuni dan handal,” lontarnya.

Pilot Proyek

blank
Direktur Utama PDAM Tirta Aji Wonosobo H Mochammad Sjahid SIP MSi menerima potongan tumpeng dari Ketua DPRD Wonosobo H Afif Nurhidayat SAg. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Sistem digitalisasi yang hendak dibangun PDAM Tirta Aji Wonosobo, tambahnya, diharapkan tidak sekadar dimanfaatkan secara internal tapi bisa menjadi pilot proyek percontohan di tingkat nasional sehingga bisa dipakai pihak lain.

“Jika program digitalisasi di PDAM Tirta Aji ini sukses dilakukan maka bisa menjual sistem itu pada PDAM lain. Dengan demikian PDAM Tirta Aji Wonosobo akan mendapat penghasilan tambahan dari hasil penjualan aplikasi digital yang ada,” tegasnya.

Dalam tasyakuran HUT ke-44 PDAM Tirta Aji sejumlah mantan Direktur Utama mendapat pemasangan pin kehormatan dan penghargaan khusus. Pin kehormatan disematkan Ketua DPRD H Afif Nurhidayat dan penyerahan penghargaan oleh Sekda One Andang Wardoyo.

“Penyematan pin kehormatan dan penghargaan khusus merupakan bentuk perhatian dari managemen PDAM Tirta Aji kepada mantan Direktur Utama sebelumnya yang telah merintis kemajuan dan perkembangan PDAM Tirta Aji hingga seperti sekarang ini,” katanya.

Mantan Direktur Utama PDAM Tirta Aji Drs H Muntohar MM menyampaikan ucapan selamat kepada PDAM Tirta Aji yang kini telah berusia 44 tahun. Pihaknya berharap perusahaan daerah ini bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah sendiri (PADS) yang utama.

“Mengelola PDAM Tirta Aji ini gampang-gampang angel. Kemajuan perusahaan ini tidak bisa dilepaskan dari peran para pendahulu. Dulu yang bisa menikmati air PDAM cuma warga kota, kini kecuali Kalibawang semua kecamatan sudah teraliri air PDAM,” katanya.

Muharno Zarka-Wahyu