blank
Teguh Rokhmani (diapit saudaranya), dosen STIS Kebumen, berhasil meraih gelar Doktor Manajemen Pendidikan dari UNJ pada 16 Januari 2020. (Foto:Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN (SYARABARU.ID) –  Satu lagi akademisi di Kebumen meraih S3. Teguh Rokhmani SPd MM, dosen Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Kebumen, mampu mempertahankan disertasi dan berhak menyandang gelar Doktor Manajemen Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), 16 Januari lalu.

Pria berkaca mata yang lahir 24 Maret  1976 dan juga guru SMAN Buluspesantren Kebumen itu kepada Suarabaru.id Selasa (28/1) menjelaskan, dalam penelitiannya ia mengambil topik Tanggung Jawab Akademik Perguruan Tinggi. Studi Kasus pada Universitas Negeri  Jakarta.Tanggung jawab akademik adalah kewajiban perguruan tinggi  kepada masyarakat.

Sedangkan tujuan penelitian tersebut untuk menggali dan menggambarkan implementasi pendidikan dan pengajaran, pembimbingan, pelayanan kepada universitas, penelitian, penyampaian kebenaran, publikasi ilmiah, pengabdian kepada masyarakat dan perubahan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh dari wawancara mendalam  terhadap 30 dosen, 5 mahasiswa , observasi lapangan pada proses pembelajaran terhadap 10 dosen dan pengumpulan dokumen.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan :  1. Implementasi pendidikan dan pengajaran berupa perencanaan pembelajaran mengacu kepada rencana pembelajaran semester. 2. Pembimbingan, menggabungkan pembimbingan akademik, karier dan pribadi-sosial secara bersama-sama.  3. Pelayanan , menjadikan pelayanan prima sebagai aspek prioritas penyelenggaraan pendidikan yang meliputi orang, proses dan  teknologi informasi. 4. Penelitian melalui pembuatan payung penelitian dan peningkatan kemampuan dosen-dosen dalam meneliti. 5. Publikasi ilmiah, melalui penyebarluasan pada  jurnal berindek tinggi, telaah sejawat dan dokumentasi.  6. Penyampaian kebenaran melalui pembentukan komisi  etik, pedoman etika ilmiah dan pencegahan perilaku buruk dengan  pemanfaatan  teknologi pendeteksi kemiripan karya ilmiah.

Gelar S3 tersebut diraih Teguh Rokhmani dengan predikat Sangat Memuaskan, melalui Ujian Disertasi Terbuka dipimpin Wakil Direktur Pascasarjana UNJ Prof Dr Ivan Hanafi, Sekretaris Sidang Dr Suryadi. Promotor Promovendus yaitu Prof Dr Bedjo Sujanto MPd, Ko Promotor Prof Dr Muclis R Luddin, Penguji dari UNJ Dr Nurhattati Fuad dan penguji dari luar Prof Dr Manahan Tampubolon, Guru Besar Tetap Universitas Kristen Indonesia.

Sebelum meraih S3, Teguh Rokhmani menyelesaikan pendidikan SDN1 Kalirejo, Kecamatan Kebumen 1983-1989, SMPN 1 Kebumen 1992, SMAN Kebumen 1995, S1 FKIP UNS 2003, S2 Manajemen Pendidikan Unsoed Purwokerto 2008. Pernah menjadi guru SMA di Jakarta, tutur UT UPBJJ Purwokerto dan memiliki pengalaman riset di Kanada pada 2013. Saat ini menjabat Pembantu Ketua I STIS Kebumen.

Komper Wardopo