blank
Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi (kanan), menerima irisan kue tart ulah tahun dari Bupati Wonogiri Joko Sutopo (kiri).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Puluhan personel tentara dan polisi, Jumat (24/1), membuat aksi kejutan ramai-ramai mendatangi Kantor Bupati Wonogiri. Dipimpin Dandim 0728 Wonogiri, Letkol (Inf) Imron Masyhadi, para prajurit membawa tumpeng kenduri, kemudian para personel kepolisian pimpinan Kapolres AKBP Christian Tobing, menghadiahkan kue tart.

Tumpeng dan kue tart, dijadikan sarana untuk menyampaikan ucapan selamat ulang tahun (Ultah) kepada Bupati Wonogiri Joko Sutopo. Petinggi Kabupaten Wonogiri yang dinaungi zodiak Aquarius ini, pada Tanggal 24 Januari 2020 genap berusia 46 tahun.

Aksi yang dilakukan para personel tentara dan polisi tersebut, tentu saja menjadi sebuah surprise. Terbukti, Bupati yang saat itu tengah memimpin rapat dengan para pengurus kelompok tani peternak di Pendapa Rumah Dinas Bupati, segera cabut dari tempat duduknya, untuk menemui pasukan gabungan TNI-Polri yang mendatanginya tersebut.

Hari Istimewa
Bupati terharu, saat mengetahui manuver para prajurit dan insan Bhayangkara tersebut, ingin menyampaikan ucapan selamat ulang tahun dengan membawa serta tumpeng kenduri dan kue tart. Mengingat Bupati sendiri, pada hari istimewanya tersebut, tidak menggelar acara Ultah.

”Terima kasih atas perhatian yang diberikan rekan-rekan dari jajaran Kodim 0728 Wonogiri dan Polres Wonogiri. Pak Dandim, Pak Kapolres, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Sekali lagi, terima kasih Pak Dandim dan Pak Kapolres,” ujar Bupati Joko ‘Jekek’ Sutopo terbata-bata.

Dalam acara rapat pertemuan dengan para pengurus kelompok tani peternak tersebut, Bupati Wonogiri mengenakan kemeja putih lengan panjang. Tentu saja, petinggi Kabupaten Wonogiri ini mendadak kaget, ketika melihat ada rombongan tentara mengendarai sepeda motor datang dan langsung membuat formasi barisan rapi di halaman Kantor Bupati. Demikian halnya dengan para personel kepolisian Wonogiri.

blank
Bupati Wonogiri Joko Sutopo, melakukan ritual pemotongan tumpeng peringatan Hari Ulang Tahun Ke 46.


Bentuk Kebersamaan
Dandim 0728  Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi dan Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, segera memimpin jajarannya untuk menuju ke teras depan Pendapa Rumah Dinas Bupati. Bupati Wonogiri yang kala itu tengah menyampaikan sambutan, segera bangkit dari tempat duduknya dan langsung menyambut kedatangan rombongan tentara dan polisi tersebut. ”Bagi saya, ini sangat mengejutkan,” ujar Bupati sembari menyalami Dandim dan Kapolres sambil berulang-ulang mengucapkan terima kasih.

Kata Bupati, manuver yang dilakukan jajaran militer dan kepolisian ini, merupakan bentuk kebersamaan ”Sesarengan mBangun Wonogiri”. Juga menjadi bukti, hadirnya perangkat pemerintahan, dalam hal ini unsur TNI-Polri dalam membangun semangat kebersamaan yang menjadi landasan dalam upaya memakmurkan masyarakat Wonogiri.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Joko Sutopo didaulat untuk melakukan ritual potong tuimpeng dan kue tart, dengan diawali tiup nyala api lilin. Bersamaan itu mengumandanglah lagu selamat ulang tahun yang dinyanyikan bersama, dengan iringan musik dari Koprs Musik (Korsik) Polres Wonogiri.

Lagu Mendunia
Termasuk didendangkan lagu Happy Birthday to You, yakni lagu lawas yang diciptakan pada Tahun 1893. Awalnya, lagu ini berjudul Good Morning to All, diciptakan oleh Mildred Hill, seorang guru Taman Kanak-Kanak (TK) di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat.

Komponis Mildred Hill, lahir pada Tanggal 27 Juni 1859, dikenal pula sebagai pendiri National Association For the Education of Young Children (NAEYC), yakni sebuah asisoasi pendidikan anak usia dini di Amerika Serikat.

Awalnya lagu tersebut merupakan nyanyian Good Morning to All yang diciptakan Mildred, khusus untuk menyambut murid-murid sekolah setiap pagi. Lagu populer yang mendunia ini, telah dinyanyikan dalam 143 judul film dan telah diterjemahkan ke dalam 18 bahasa di sejumlah negara.

Pada Tahun 1924, lagu Happy Birthday to You diperdengarkan di radio, lalu pada Tahun 1931 pertama kali dipakai untuk pertunjukan Broadway di Amerika Serikat. Di tahun 1933, lagu ini digunakan sebagai nada telegram Western Union. Lirik lagu Happy Birthday to You memang pendek dan sangat sederhana, tapi telah masuk dalam Guinness Book of World Records sebagai lagu yang paling sering dinyanyikan di seluruh dunia.

Bambang Pur