blank
Carlo Ancelotti/dok

LIVERPOOL (SUARABARU.ID) – Carlo Ancelotti, manajer baru Everton, tertantang mempersembahkan trofi untuk The Toffees. Pria 60 tahun asal Italia itu dikontrak selama empat setengah tahun. Dia tertarik menuju Goodison Park setelah terkesan dengan visi Everton yang ingin bangkit dari keterpurukan dan meraih titel juara.

Klub asal Merseyside itu sudah puasa gelar selama 24 tahun. Mereka kali terakhir mengangkat trofi pada 1995 ketika memenangi Piala FA. “Ada visi yang jelas dari pemilik dan dewan untuk meraih piala. Itu adalah sesuatu yang menarik buat saya sebagai manajer,” ungkap Ancelotti.

Mantan gelandang ini senang melihat prospek semua orang di klub yang bisa bekerja membantu mewujudkan visi tersebut. Don Carlo memang sering memberikan gelar tim yang dipolesnya. Bagi Ancelotti, Everton menjadi klub Liga Primer Inggris kedua yang ditanganinya.

Sebelumnya, dia pernah menukangi Chelsea pada 2009-2011, dan mempersembahkan tiga titel, yakni Premier League, Piala FA, dan Community Shield. Selain Chelsea, Don Carlo punya pengalaman membesut AC Milan, Juventus, Real Madrid, Bayern Munich, dan Paris Saint-Germain. Total dia sudah mengoleksi 15 trofi, di antaranya tiga gelar Liga Champions.

Ancelotti akan mulai memimpin skuad Everton saat menjamu Burnley pada Kamis (26/12). Saat ini Gylfi Sigurdsson dan kolega berada di urutan ke-15. Mereka mengemas 19 poin dari 18 laga. Sebelum kedatangan Don Carlo, posisi manajer sementara dipegang Duncan Ferguson. Di bawah asuahn Dunc, The Toffees malah mencatat hasil yang lebih bagus dibandingkan ketika masih ditangani Marco Silva. (rr)