blank
Persikaba, klub andalan Askab PSSI Blora yang selam ini malang melintang ikut di putaran roda kompetisi nasional, dan berbagai turnamen resmi di tanah air. (Foto : SB/Dok/Wahono)

BLORA – Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Blora, akan menggelar musyawarah kabupaten (Muskab) untuk memilih ketua Askab baru kepengurusan empat tahun ke depan, Rabu (27/11/2019).

Sampai Rabu (20/11/2019), sudah ada tujuh orang yang mengambil formulir peminatan bakal calon ketua Askab PSSI masa bhakti 2020-2024, namun baru tiga orang yang sudah resmi mengembalikan formulir.

“Ada tujuh orang ambil formulir, tapi baru tiga kandidat yang sudah kembalikan formulir,” jelas Supriyanto, petugas pendaftar dari Askab PSSI Blora.

Tujuh orang yang telah ambil formulir bakal calon ketua Askab PSSI, lanjutnya, Desta (guru) dari unsur futsal, Aris Budi (guru) unsur wasit, Sutiyono (mantan Kabid Dinporabudpar), dan Joko Wicaksono (mantan Manager Persikaba).

Tiga lagi adalah Maryanto (karyawan Bank BRI) pengurus PS Cepu Putra, Dwi Mukti Rianto (swasta) pengurus klub AFK, dan Ely Kusumaningrum (Kepala TK Yonif Alugoro) pengurus PS Putra Bhayangkara.

Tiga kandidat yang saat ini sudah resmi mengembalikan formulir peminatan calon ketua Askab PSSI Blora, Maryanto, Dwi Mukti Rianto serta Joko Wicaksono, ketiganya asal kecamatan Cepu.

“Empat orang belum mengembalikan formulir, bisa saja baru besok, karena jadwal akhir mengembalikan fomulir Kamis (21/11/2019) pukul 14:00 WIB,” kata Supriyanto.

Undang 23 Klub

Sejumlah pengamat sepak bola di kota sate seperti Anzairil Korga, Slameta, Suwito, dan Kunto Aji, dihubungi secara terpisah mengaku belum mendapat informasi siapa figur kandidat kuat ketua Askab PSSI Blora 2020-2014.

“Nanti H-3 Musda, akan terdengar santer siapa calon kuat ketua Askab PSSI Blora,” jelas Anzairil Korga.

H. Kunto Aji, mantan pengurus PSSI setempat dan aktivis sepak bola di Blora, juga belum bisa memberi pendapat siapa figur paling pas untuk memegang Askab PSSI.

“Saya belum dengar siapa kandidat utamanya, karena semua para pengambil formulir calon ketua Askab adalah orang-orang bola,” jelas Kepala Inpektorat Kabupaten Blora.

Diperoleh keterangan, Ketua Askab 2015-2019, Agung Pambudi (mantan anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Blora 2014-2019), menyatakan tidak lagi bersedi mencalonkan diri sebagai ketua Askab.

Dalam kepengurusannya, Askab PSSI Kabupaten Blora akan berakhir pada 30 Desember 2019, dan berencana menggelar Muskab pada 27 November 2019 di hall Hotel Grand Mega, Cepu.

Sementara pada Muskab (Musda) 2015 lalu, ada tiga orang kandidat calon ketua yang mengembalikan formulir, masing-masing Agung Pambudi, Ali Uddin (anggota Fraksi PKB) DPRD Blora, dan Maryanto (klub Cepu Putra Indonesia).

Tercatat di Askab PSSI Blora (2015-2019) terdapat 43 klub sepak bola di wilayah kabupaten penghasil kayu jati ikut dalam Musda.

Namun pada Muskab 2029 mendatang, Askab hanya akan mengundang 23 klub atau persatuan sepak bola (PS) di Blora.

Suarabaru.id/Wahono