blank

SEMARANG – Tiga Dosen Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) yang terdiri dari Nur Ekaningsih MPd, Luh Putu Shanti MPsi, dan Mega Mulianing M MPd mengadakan pengabdian masyarakat di MI Gedanganak Ungaran (16-17/11/2019). Pengabdian bertema penyuluhan pola asuh orang tua terhadap anak dan pengenalan bahasa asing sejak dini”dihadiri orang tua murid kelas III  MI Gedanganak Ungaran.

Menurut Nur Ekaningsih, anak pada jenjang sekolah SD/MI sangat membutuhkan peran orang tua dalam mengasuh, membimbing, mendidik, mengarahkan dan menentukan apa yang sebaiknya mereka lakukan. Seusia golden age, anak berada pada masa perkembangan critical period. Masa perkembangan inilah yang sangat unik dimana bahasa asing bisa dipelajari dengan mudah. Perkembangan anak membutuhkan juga pola asuh dari orang tua yang tepat dalam memberikan solusi kepada anak.

“Mitos belajar bahasa asing sejak dini, perlu disampaikan kepada orang tua murid bahwa belajar bahasa asing khususnya belajar bahasa Inggris se-usia mereka adalah hal yang tepat karena mereka memiliki bekal sejak lahir yaitu LAD (Language Acquisition Device) yang mampu mengolah perolehan bahasa dan menghasilkannya dengan tata bahasa yang kaya.” Ungkap Nur Ekaningsih.

Masih Eka, penguasaan bahasa tidak perlu menunggu sampai dewasa dan daya serap diusia belia lebih utama. Belajar bahasa asing tidak akan lepas dari interaksi dengan kedua orang tua baik ayah dan ibu. Perbedaan pola asuh bisa sering terjadi sehingga berselisih paham, tetapi sebaiknya anak tidak tahu. Bilamana ini terjadi anak akan memiliki sifat tidak jujur, memanipulasi dan cenderung hubungan anak dan orang tua menjadi tanpa apresiasi. Sehingga jalan tengah sebagai solusi perlu menjadi kesepakatan antar kedua orang tua./suarabaru.id