blank
Mengenakan busana kejawen jangkep, Wakasek SMK Negeri 1 Jatiroto, Wonogiri, Hartono (kiri), menerima piala juara lomba TUB tingkat nasional dari muridnya.

WONOGIRI – Upacara peringatan genap 91 tahun Sumpah Pemuda, Senin (18/10), digelar secara istimewa oleh keluarga besar SMK Negeri 1 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri. Para guru, karyawan dan murid, hadir mengenakan busana adat. Ditandai pula dengan penyerahan piala juara lomba Tata Upacara Bendara (TUB) tingkat nasional, yang berhasil diraih oleh regu pelajar SMK Negeri 1 Jatiroto, Wonogiri.

Mewakili Kepala Sekolah (Kasek) SMK Negeri 1 Jatiroto, Wonogiri, Gunarsi, Senin (28/10), Wakil Kepala Sekolah (Wakasek), Hartono, tampil menjadi inspektur upacara, dengan mengenakan pakaian Kejawen Jangkep. Yakni memakai beskap warna putih, blangkon corak modang, kain jarik batik motif kembang-kebang coklat, hitam dan putih, serta mengenakan keris warangka ladrang.

Wakasek Bidang Kesiswaan SMK Negeri 1 Jatiroto, Maryono, dan Guru Pembina Osis, Bahrudin, menyatakan, untuk perwira upacara peringatan 91 tahun Sumpan Pemuda di sekolah, kali ini dipercayakan kepada Anur Istiqomah. Kemudian komandan upacara dijabat oleh Yazid Hamdani.

Dalam rangkaian peringatan Sumpah Pemuda Tahun 2019, regu pelajar SMK Negeri 1 Jatiroto yang tergabung dalam Passkansa, berprestasi meraih juara harapan III dalam lomba TUB tingkat nasional. Lomba digelar di Kampus UIN Sunan Kalijaga DI Yogyakarta. Atas prestasinya ini, bersamaan dengan upacara peringatan 91 tahun Sumpah Pemuda di sekolah, Senin (28/10), dilakukan penyerahan perolehan piala kejuaraan TUB tingkat nasional kepada sekolah, yang diterimakan kepada Wakasek Hartono.

Lomba TUB pelajar SLA tingkat nasional Tahun 2019, pekan lalu dilaksanakan selama lima hari di Kampus UIN Sunan Kalijaga DI Yogyakarta, diikuti oleh sebanyak 35 regu yang datang dari berbagai daerah di Tanah Air. Dalam lomba bergengsi ini, regu TUB dari SMK Negeri 1 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, memperoleh gelar juara harapan III. Tampil dengan nomor undian 022, SMK Negeri 1 Jatiroto mendapatkan nilai sebanyak 859. Juara harapan II diraih oleh regu SMK Negeri 1 Puring, Kabupaten Kebumen, dengan nilai 887. Juara harapan I, dimenangi regu dari SMA Negeri 1 Muntilan, Magelan, dengan nilai 900. Selanjutnya, untuk juara III diraih regu SMK Penerbangan AAG Adisucipto Yogyakarta dengan nilai 925. Juara II dimenangi regu SMA Negeri 2 Purwokerto dengan nilai 969. Juara I diraih oleh regu SMK Negeri Karangpucung, Cilacap, dengan nilai 983.

Tim juri juga menobatkan gelar terbaik pembina upacara, pembaca doa, kelompok pengibar bendera, dan kelompok paduan suara kepada SMK Negeri Karangpucung, Cilacap. Predikat gelar terbaik untuk pemandu upacara, kepada SMA Negeri 2 Purwokerto, gelar terbaik pembaca teks pembukaan UUD 1945 kepada SMA Negeri 2 Brebes. Kemudian untuk gelar terbaik pembaca teks janji siswa kepada SMK Penerbangan AAG Adisucipto.

suarabaru.id/Bambang Pur