blank
DIPAPAH: Seorang kakek renta dengan menggunakan tongkat sambil dipapah anggota GP Ansor, rela antre untuk mendapatkan pengobatan. Foto: riyan

KENDAL– Koordinator Yayasan Bakti Insan Negeri (YBIN) dr Mada Gautama menyatakan, pentingnya peran organisasi kemasyarakatan (ormas) dalam peningkatan kesehatan masyarakat. Peran ormas itu bisa juga sebagai tindakan preventif atas permasalahan kesehatan yang ada di wilayah setempat.

Dokter Mada menyampaikan itu, di sele-sela kegiatan Bakti Sosial Djarum Foundation yang bekerja sama dengan YBIN dan GP Ansor, dalam kegiatan pelayanan medis masyarakat Jawa Tengah, yang digelar di Desa Sendang Sikucing, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, Sabtu (5/10).

BACA JUGA : Pentingnya Pemberian Pemahaman dan Edukasi Kesehatan

”Peran ormas ini bisa menjadi salah satu tindakan preventif, dalam penanggulangan sebuah penyakit. Ormas seperti GP Ansor Rowosari ini, bisa menyampaikan informasi masalah-masalah kesehatan beserta penanggulangannya. Dengan begitu, masyarakat akan bisa secera cepat mengantisipasi agar tidak terkena dampaknya,” kata dr Mada dalam keterangannya.

Ditambahkan dia, masyarakat di pesisir Pantai Utara Jawa ini, sangat rentan dengan penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA). Selain lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya, kualitas udara juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Dalam pelayanan kesehatan masyarakat itu, sebagian di antaranya memang mengeluhkan ISPA. Sedangkan pasien lain juga memeriksakan kesehatan matanya, kolesterol, tekanan darah dan beberapa penyakit lainnya.

‘’Saya berpesan, mengonsumsi makanan harus dilakukan secara seimbang, misalnya saja memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan, selain makanan olahan ikan,’’ jelas dr Mada lagi.

Sementara itu, perwakilan Djarum Foundation Arvi Oktaviendra menjelaskan, kegiatan yang dilakukannya ini, sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaannya atas kondisi kesehatan yang ada di masyarakat. Kegiatan Bakti Sosial ini merupakan salah satu bentuk dari lima bakti yang diterapkan, yakni Bakti Pendidikan, Bakti Lingkungan, Bakti Budaya dan Bakti Olahraga.

blank
SERAHKAN BANTUAN: Perwakilan Djarum Foundation Arvi Oktaviendra (keempat dari kanan), saat menyerahkan bantuan pengobatan yang diterima Kepala Desa Sendang Sikucing Harsoyo Budi Utomo (ketiga dari kiri) disaksikan Camat Rowosari Sugeng Riyadi SH (tengah). Foto: riyan

Jalin Silaturahmi
‘’Langkah kecil ini semoga bisa dimanfaatkan warga Rowosari khususnya warga Desa Sendang Sikucing dalam menjaga kesehatannya. Selain itu, jalinan silaturahmi ini kami harapkan akan terus terjalin,’’ harap dia.

Sedangkan Camat Rowosari Sugeng Riyadi SH menyampaikan ucapan terima kasihnya, atas kegiatan yang dilaksanakan di wilayahnya. Dalam kegiatan yang digelar di balaidesa setempat itu, diikuti tak kurang dari 800 warga Desa Sendang Sikucing dan sekitarnya.

‘’Saat ini kesadaran masyarakat terhadap kesehatan semakin meningkat. Karena itu, melalui kegiatan ini, kami berharap warga akan semakin sehat,’’ jelas Camat Rowosari didampingi Kepala Desa Desa Sendang Sikucing Harsoyo Budi Utomo.

suarabaru.co.id/Riyan