blank
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz didampingi pejabat Pemkab berfoto bersama Executive Director ASEAN Nagoya Club Mr Hisaya Matsuhisa.(Foto:Suarabaru.id/Ist)

KEBUMEN – Pemkab Kebumen saat ini tengah menjajaki kerja sama dengan ASEAN Nagoya Club (ANC) Jepang di bidang promosi dan pengembangan potensi daerah. Kerja sama itu diawali dengan kunjungan singkat Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz ke Jepang 1-2/10.

Bupati Kebumen dalam lawatan ke Jepang didampingi Sekda H Ahmad Ujang Sugiono SH,  serta Kabag Perekonomian Setda Yunita Prasetyani SE MA MecDev. Kabag Perekonomian Setda Yunita Prasetyani menjelaskan, kunjungan Bupati tersebut dilakukan atas undangan resmi dari Insekai, Nagoya University. Yakni pada acara Insekai ASEAN Discussion Forum “Strengtening Indonesia Japan Partnership on Law and Governance“, dilanjutkan dengan  ASEAN Nagoya Club.

Menurut Yunita, pada kesempatan tersebut Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz memaparkan berbagai potensi Kebumen, termasuk dengan posisi daerah Kebumen yang semakin strategis serta berbagai upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan daya saing.

Pada acara tersebut dielaborasi potensi kerja sama antara Pemkab Kebumen dengan ANC. Apalagi ANC telah memiliki jejaring sangat luas, ditambah dengan jaringan pengusaha dan akademisi lulusan Nagoya University.

Executive Director ASEAN Nagoya Club Mr Hisaya Matsuhisa mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif tersebut. Kebumen dinilai potensial, namun perlu didorong terus agar mampu menembus pasar internasional.

Tindak lanjut dari pertemuan itu adalah akan segera diinisiasi kerja sama antara Pemkab Kebumen dengan ASEAN Nagoya Club dalam bentuk Tim Percepatan Pengembangan Ekonomi.”Tim ini utamanya akan mendorong produk lokal yang potensial untuk mampu memasuki  pasar internasional,”terang Yunita.

Kunjungan kerja Bupati Kebumen mempromosikan potensi daerah ke negeri Matahari Terbit itu telah mendapat izin dari Kementerian Dalam Negeri. Dalam izin itu bupati dijadwalkan  mengikuti kegiatan Invitationt Attend Inseikai Discusssion Forum di Nagoya untuk mempromosikan potensi daerah dan penjajakan kerja sama Kabupaten Kebumen dengan ASEAN Nagoya Club.

Suarabaru.id/Komper Wardopo