blank
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dhaniel didampingi Bupati Wonogiri Joko Sutopo (kedua dari kesatu dari kiri), melakukan pemantauan langsung ke TPS Pilkades di Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

WONOGIRI – Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Rabu (25/9), melakukan kunjungan ke Kabupaten Wonogiri, untuk memantau langsung jalannya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Kapolda datang dengan menggunakan helikopter dan landing di Stadion Pringgondani Wonokarto, Wonogiri. Selanjutnya, melakukan pemantauan langsung jalannya Pilkades di sejumlah Tempat Pemungutan Suara ( TPS ).

Seperti pernah diberitakan, Pilkades Tahap III Tahun 2019 di Kabupaten Wonogiri, digelar serentak di 186 desa di 25 kecamatan. Diikuti sebanyak 464 orang jago, dengan jumlah pemilih yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 529.178 orang. Pilkades serentak kali ini, menjadi pesta demokrasi tingkat desa terbanyak dalam sejarah pemerintahan di Kabupaten Wonogiri. Untuk memberikan pelayanan pencoblosan, masing-masing desa menyediakan 3 sampai 4 TPS.

Kedatangan Kapolda Jateng di Kabupaten Wonogiri, disambut oleh Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, Bupati Joko Sutopo bersama jajaran Forkompinda Wonogiri. Dalam kesempatan ini, Kapolda mengunjungi pelaksanaan Pilkades di Desa Singodutan dan Jaten di Kecamatan Selogiri serta ke Desa Bulusulur Kecamatan Wonogiri Kota. Pilkades di Desa Jaten,. diikuti dua orang jago, yakni Kenthut Wahyuni dan Joko Santosa. Kenthut berpendidikan S2 dan mantan Anggota DPRD Jateng. Sebagai orang pertama di jajaran kepolisian Jateng, Kapolda mampir ke rumah kediaman Bupati Joko Sutopo di Dusun Brangkulon, Desa Jaten, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, untuk melalukan silaturahmi.

Kepada awak media, Kapolda Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, menyatakan, secara umum pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Wonogiri berjalan dalam kondisi aman. ”Kami berharap, suasana aman dan kondusif ini, tidak hanya terjadi saat berlangsungnya pemungutan suara saja. Melainkan, hingga penghitungan suara dan tahapan-tahapan Pilkades selanjutnya,” tandasnya.

Dari pantauan di lapangan, jalannya Pilkades berlangsung sesuai harapan. Penyediaan 3 sampai 4 TPS di setiap desa, melancarkan pelayanan pemungutan suara kepada massa pemilih. Pelayanan pencoblosan dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00. Pasca pencoblosan, diteruskan dengan penghitungan suara dan pengesahan hasil Pilkades.

Pilkades di Desa Pule, Kecamatan Selogiri, Wonogiri, diikuti 2 orang jago. Yakni Petahana Kades Sugimo dengan Sidiq Junianto. Hasil sementara, Sugimo mampu unggul di semua TPS. Di TPS 1 mendapatkan dukungan sebanyak 532 suara, TPS 2 sebanyak 422 suara, dan di TPS 3 sebanyak 425 suara. Jago Sidiq Junianto, masing-masing memperoleh dukungan 80 suara di TPS 1, 83 suara di TPS 2, dan 38 suara di TPS 3.(suarabaru.id/Bambang Pur)