blank
Para pesilat dari sejumlah perguruan silat di Blora sedang mencoba arena dan gerakan silat di sesi gladi bersih pembukaan Porkab Blora 2019. (Foto: SB/Wahono)

BLORA– Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Blora 2019 akan digelar Kamis (5/9) sore, di alun-alun, Kota Blora. Prosesi pembukaan bakal dimeriahkan berbagai atraksi, aksi lucu maskot Si Kancil, dan aerobatic.

Masih di sesi opening ceremony (pembukaan), ratusan pesilat berbagai perguruan silat dan drum band Yonif 410/Alugoro, akan unjuk kepiawaian di acara pembukaan olahraga terbesar di kabupaten penghasil kayu jati ini.

“Tadi saat pelaksanan geladi bersih, semua berjalan lancar, dan menarik,” kata Ketua Panitia Porkab Purwadi Setiono, Rabu (4/9/2019).

Besok di hadapan Bupati Blora H. Djoko Nugroho, Ketua Umum KONI Jateng, Ketua Umum KONI se-Pati Raya dan undangan, akan adakan penilaian aksi yel-yel di tengah defile kontingen dari 16 kecamatan, tambah Purwadi.

Selain itu, pejabat-pejabat di (OPD) Pemkab Blora serta pimpinan instansi vertikal, BUMN, BUMD, para aktivis olahraga di kota sate, bakal hadir di pembukaan Porkab

“Bahkan masing-masing kontingen kecamatan, bisa tampil aktraktif dengan aksi yel-yel di pembukaan,” kata Purwadi Setiono, pejabat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda setempat.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Blora, Hery Sutiyono, menambahkan Porkab Blora berlangsung 5-8 September.

Meski begitu sejumlah cabang olahraga sudah mulai dipertandingkan sebelum pembukaan Porkab, seperti sepak bola, futsal dan bola voli.

blank
Perwakilan atlet dan wasit mempersiapkan diri dalam gladi bersih opening ceremony Porkab Blora 2019. (Foto: SB/Wahono)

Atlet Muda

Porkab mempertandingkan 10 cabang olahraga dengan 38 nomor pertandingan. Jumlah medali yang diperebutkan terdiri dari 68 medali emas, 68 perak dan 68 perunggu.

“Tidak kurang dari 1.500 atlet dan official, bakal tampil di Porkab untuk memperkuat kontingen dari 16 kecamatannya di Blora,” tambahnya.

Di Porkab bertemakan “Menggalang Prestasi Olahraga Menuju Kejayaan Blora” tersebut, dilakukan pembatasan usia atlet yang tampil, yakni 13 tahun hingga 25 tahun.

Bahkan di beberapa cabang olahraga menerapkan aturan batas usia atlet yang berlaga maksimal 17 tahun. Itu dilakukan dalam rangka regenarasi atlet, dan untuk menjaring bibit-bibit atlet muda potensial Blora.

Seperti dibeirtakan Suarabaru.id, adapun venue pertandingan cabor sepak bola di Stadion Kridosono, futsal di GOR Mustika, aeromodelling di lapangan Mentul Cepu, atletik di lapangan atletik Migas Cepu.

Cabor voli di GOR Mustika, bulu tangkis di GOR Kolonel Sunandar, catur di aula Diknas, pencak silat di lapangan tenis GOR Mustika, tenis meja di aula SMPN 1 Blora dan wood ball di eks lapangan golf.

Porkab untuk kali pertama di Blora, diikuti 10 cabor dari 32 cabor dibawah KONI. Sepak bola diikuti 10 kecamatan/tim, aero medelling 13 kecamatan, atletik 16 kecamatan, bola voli 16 kecamatan), dan bulu tangkis 13 kecamatan.

Cabor lain yang juga siap dihelat di Porkab 2019, wood  ball 13 kecamatan, catur 12 kecamatan, pencak silat 16 kecamatan, dan tenis meja 13 kecamatan.

 

Suarabaru.id/Wahono