Petugas Dishub Kota Semarang menertibkan motor yang parkir liar di sepanjang trotoar Jalan Pemuda Semarang, Jumat (21/4/2023). Foto: hery priyono/sb.id

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dalam rangka memasyarakatkan sistem pembayaran non-tunai atau cashless, Bank Indonesia bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Semarang akan menghelat program parkir elektronik menggunakan QRIS (ParQRIS)

Program ParQRIS ini berupa insentif potongan biaya parkir dengan metode pembayaran menggunakan QRIS, sehingga masyarakat hanya akan membayar Rp 53 saja.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra, mengatakan, program ini ditujukan bagi 5.300 transaksi pertama sepanjang periode 17-30 September 2024 dan mencakup lebih dari 10 titik di Kota Semarang.

“Diharapkan melalui program elektronifikasi tersebut dapat mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah, mengurangi biaya cash handling, serta meningkatkan transparasi dan akuntabilitas transaksi pemerintah daerah,” katanya, Selasa 10 September 2024.

Dihubungi terpisah, Plt Kepala Dishub Kota Semarang, Danang Kurniawan, mengatakan, hingga kini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mau membayar parkir secara non-tunai atau cashless.

“Penerapan parkir elektronik secara optimal membutuhkan proses yang tidak singkat sebab menyangkut kebiasaan masyarakat yang selama ini membayar tunai. Sekarang memang arahnya ke elektronik, tinggal nanti penambahan titik-titik kantung parkirnya,” katanya.

Lebih lanjut Danang mengatakan, masyarakat perlu terus menerus diberikan pemahaman untuk mengikuti dan membiasakan dengan sistem parkir elektronik yang sudah diterapkan Pemerintah Kota Semarang di sejumlah titik.

“Ngandani (memberitahu) jukir (juru parkir) ini juga tidak mudah. Mereka terbiasa dengan transaksi tunai itu diajak ke elektronik angel (susah). Penting untuk memberi edukasi ke masyarakat dan juru parkir untuk mendukung penerapan sistem parkir elektronik, terutama di lokasi-lokasi yang sudah ada,” katanya.

Sebagai catatan, di Kota Semarang saat ini sudah ada lebih dari 100 titik yang sudah diterapkan sistem parkir elektronik oleh dishub yang tersebar di beberapa ruas jalan di Kota ATLAS.

Beberapa di antaranya yang sudah menerapkan parkir elektronik seperti ruas Jalan M.T. Haryono, Jalan K.H. Agus Salim, Jalan Wahid Hasyim, Jalan Depok, dan Jalan Pekojan.

HP

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini