Wagub Papua Klemen Tinal saat menyerahkan bantuan terkait penanganan COVID-19 kepada perwakilan lima rumah sakit rujukan yang ada di lima kabupaten, Kamis (30/4). Antara

JAYAPURA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengucurkan dana sebesar Rp 77 miliar untuk membantu 29 kabupaten/kota dalam menangani COVID-19.

Dana sebesar itu selain diperuntukkan bagi kabupaten/kota juga diberikan kepada lima rumah sakit rujukan, lima rumah sakit mitra, dan bantuan kepada 17 asrama mahasiswa Papua yang berada di luar provinsi.

Penyerahan bantuan dana dari Pemprov Papua dilakukan secara simbolis oleh Wagub Klemen Tinal di Jayapura, Kamis (30/4).

Kepala BPBD yang juga menjabat Ketua Harian Pencegahan dan Penanganan Papua Welliam Manderi seusai penyerahan bantuan mengatakan, dana bantuan sebesar Rp 77 miliar itu dialokasikan untuk 27 kabupaten masing-masing mendapat Rp 2 miliar, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura masing-masing Rp 4 miliar.

Kemudian lima rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 yaitu RSUD Timika di Kabupaten Mimika, RSUD Wamena di Kabupaten Jayawijaya, RSUD Merauke, RSUD Biak di Kabupaten Biak Numfor, dan RSUD Nabire masing-masing mendapat Rp 5 miliar.

Selanjutnya lima rumah sakit mitra yakni RS Dian Harapan, RS Provita, RS Marthen Indah, RS Bhayangkara, dan RS Soedibjo Sardadi masing-masing mendapat Rp 500 juta.

Kemudian 17 asrama mahasiswa Papua yang berada di luar provinsi masing-masing mendapat Rp50 juta.

Manderi mengatakan, pemberian khusus kepada 17 asrama mahasiswa asal Papua itu untuk membantu mereka dalam menghadapi pandemi COVID-19 akibat terbatasnya aktivitas.

“Memang di sejumlah daerah sudah melakukan pembatasan aktivitas termasuk di Papua guna mencegah virus corona dan berharap mahasiswa menaati semua anjuran tersebut termasuk menggunakan masker saat keluar asrama,” katanya.

Ant/Muha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini