Selain mendapat medali emas, S Malikil Alliim (kanan), juga menerima bonus uang dari KONI Jateng. Foto: dok/konijateng

MEDAN (SUARABARU.ID)– Kontingen Jawa Tengah kembali menambah perbendaharaan medalinya, di ajang PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara. Kali ini melalui cabang olahraga Renang, di nomor 200 Meter Gaya Kupu-Kupu Putra.

Digelar di Kolam Renang Selayang, Disporasu, Medan, Sumatera Utara, Kamis (19/9/2024), perenang Jateng, S Malikil Alliim, berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 2.03.87 menit. Posisi kedua diraih perenang Jawa Barat dengan waktu 2.04.52 menit, dan urutan ketiga DKI Jakarta 2.04.61 menit.

Pelatih Renang Jateng, Teguh Santoso mengaku bersyukur, atas prestasi yang diraih Malik, sapaan akrabnya, yang masih berusia 19 tahun ini. Dia berharap, Malik bisa tetap konsisten mempertahankan performanya, agar bisa meraih prestasi untuk Jateng di kejuaraan yang lebih tinggi.

BACA JUGA: Tim Woodball Jateng Tampil Menggila, Berbuah Gelar Juara Umum

”Harapan kami, Malik bisa tetap konsisten, mengingat usianya yang masih muda. Kami juga mohon doanya, agar Malik bisa menimba ilmu di luar negeri, untuk bisa mematangkan performanya,” ungkap Teguh.

Meski sempat berada di peringkat keenam pada saat babak penyisihan, namun dirinya tak pantang menyerah untuk memberikan motivasi. Hasilnya, Malik lolos hingga babak final dan menjadi juara.

Teguh juga menyampaikan, cabor renang hanya mampu menyumbangkan 1 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Diakuinya, target dua emas memang gagal. Seharusnya, Jateng bisa meraih emas di nomor Renang Terbuka.

Namun di nomor itu, Jateng hanya mampu menorehkan medali perak. ”Mudah-mudahan seluruh pelatih di Jateng nanti lebih bisa memotivasi para atlet, agar bisa menjadikan para perenang bisa tampil lebih baik lagi,” pungkasnya.

Riyan