blank
Wakil Bupati Wonosobo Ir Agus Subagiyo MSi menyerahkan masker kepada salah satu relawan untuk dibagikan secara gratis ke masyarakat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Wakil Bupati Wonosobo Ir Agus Subagiyo MSi, Sabtu (28/3), menggerakan ratusan relawan dari berbagai komunitas muda setempat untuk membagikan 2.500 masker gratis ke masyarakat.

Sebelum melakukan aksi pembagian masker gratis, relawan dikumpulkan secara bergelombang di Pendopo Wakil Bupati setempat. Ratusan relawan secara bergantian mendapatkan pengarahan dari orang nomer dua di kota pegunungan tersebut.

Wakil Bupati Agus Subagiyo mengatakan gerakan relawan membagikan masker ke masyarakat merupakan bukti kepedulian pemerintah dan elemen masyarakat, khususnya kaum muda, untuk ikut mencegah penularan dan penyebaran virus Corona semakin meluas.

“Dalam menangkal penularan dan penyebaran virus Corona butuh kesadaran bersama dan gerakan serentak. Karena Covid-19 sudah menjadi pendemi global yang harus dihadapi secara bersama-sama. Semua pihak harus bersatu-padu mengantisipasi penularan dan penyebaran virus Corona di masyarakat,” serunya.

Tidak Berkumpul

blank
Wakil Bupati Wonosobo Ir Agus Subagiyo MSi mengajak warga tetap optimis dan selalu mengenakan masker jika melakukan aktifitas di luar rumah. Foto : SB/Muharno Zarka

Setelah mendapat pengarahan dari Wakil Bupati Agus Subagiyo, seluruh relawan bergerak dan menyebar ke berbagai tempat di seputar kota Wonosobo. Relawan tidak berkumpul dalam satu waktu dan tempat tapi terpisah di beberapa titik yang menjadi pusat aktifitas masyarakat.

Sasaran pertama pembagian masker gratis adalah pedagang Pasar Induk Wonosobo, awak angkutan kota di Terminal Angkot, tukang ojek, buruh panggul di Pasar Induk, penjaga toko, tukang parkir, pengemudi Grab dan masyarakat yang kebetulan sedang berada di ruang publik.

“Saya sangat bersyukur bisa mendapat masker secara gratis. Karena belakang ini mau beli masker di mana-mana tidak ada karena terjadi kelangkaan barang. Masker ini sangat bermanfaat sekali untuk menghindari paparan virus Corona,” kata salah satu pedagang di Pasar Induk.

Wakil Bupati Wonosobo menghimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan untuk sementara waktu tinggal di rumah masing-masing. Jika keluar rumah hanya untuk keperluan yang urgen sekali dan segera pulang ke rumah setelah selesai melakukan aktifitas,” pintanya.

Muharno Zarka-Wahyu