blank
Sejumlah siswa SD/MI peraih juara Spen3ka Cup foto bersama di komplek SMPN 3 Kaliwiro. (Foto : SB/Muharno Zarka)

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-SMP Negeri 3 Kaliwiro Wonosobo menggelar acara “Bazar Serbu dan Spen3ka Cup” di komplek sekolah setempat guna menggali bakat olah raga dan seni bagi siswa SD/MI di wilayah Kaliwiro dan Wadaslintang, Sabtu (14/3).

Kepala SMP Negeri 3 Kaliwiro, Agus Budiyanto SPd MPd, Minggu (15/3), mengatakan acara “Bazar Serbu dan Spen3ka Cup” tersebut akan dilaksanakan setiap tahun sekali sebagai wahana mencari potensi siswa-siswi SD/MI lingkungan SMP Negeri 3 Kaliwiro.

“Bazar Serbu punya makna melatih anak-anak SD/MI dan SMP untuk praktek berjualan aneka makanan dengan harga serba seribu (serbu) secara langsung. Selama ini anak-anak hanya membeli, tapi kali ini menjual sekaligus membeli,” katanya.

Sedang Spen3ka Cup, tambahnya, digelar guna mencari bibit olahragawan dan seni bagi siswa-siswi SD/MI sejak dini. Sehingga bakat yang dibawa sejak usia SD/MI tersebut akan mudah berkembang setelah melanjutkan pendudikan di jenjang SM/MTs.

Pihaknya berharap siswa-siswi lulusan SD/MI di sekitarnya bisa melanjutkan menimba ilmu di SMPN 3 Kaliwiro. Dengan sistem zonasi peserta didik bisa melanjukan pendidikan di atasnya yang letak sekolah punya jarak terdekat dengan rumah. SMPN 3 yang letaknya berbatasan dengan Kaliwiro dan Wadaslintang, bisa menerima siswa dari dua daerah tersebut.

blank
Agus Budiyanto SPd MPd, Kepala SMP Negeri 3 Kaliwiro Wonosobo. (Foto : SB/Muharno Zarka)

Praktik Lapangan

Agus Budiyanto menyebut Spen3ka Cup mempertandingkan cabang olahraga bola volly dan tenis meja. Sedang cabang seni meliputi lomba kaligrafi, adzan dan bacaan murrotal yang diikuti siswa-siswi SD/MI.

Guru mata pelajaran IPS Arief Tri Priyono SE menambahkan Bazar Serbu merupakan wujud praktek pelajaran IPS tema jual-beli dan pengembangan modal dagang. Melalui latihan wiraswasta sejak dini, diharapkan jika kelak dewasa anak-anak ada yang bisa jadi pengusaha.

“Bazar Serbu sebagai wahana melatih siswa-siswi melakukan transaksi jual-beli dengan menyediakan aneka jajanan serba harga Rp 1000. Melalui Bazar Serbu siswa-siswi SMPN 3 dapat mengembangkan modal yang dikumpulkan di kas kelas dan akan dihimpun seminggu sekali,” jelasnya.

Spen3ka Cup dan Bazar Serbu, menurut Agus, sudah bisa digarap oleh siswa-siswi dibantu beberapa guru SMPN 3 Kaliwiro. Melalui praktek langsung di lapangan anak-anak jadi tahu cara mengorganisir kegiata atau event organizer.

Lewat event Bazar Serbu dan Spen3ka Cup, diharapkan lomba olah raga dan seni persahabatan di SMPN 3 Kaliwiro dapat berkembang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Muharno Zarka