Anggota Koramil Bulukerto Kodim 0728 Wonogiri bersama pamong desa dan warga, memberikan pertolongan di lokasi bencana hujan angin. Mereka bersama-sama menarik pohon tumbang yang menimpa rumah penduduk.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Bencana hujan angin, Selasa sore (14/1), melanda empat wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Yakni Kecamatan Wonogiri Kota, Bulukerto, Purwantoro dan Kecamatan Kismantoro. Menumbangkan puluhan pohon, merusak bangunan talut, merusak rumah warga dan kandang ternak.

Untuk wilayah Kecamatan Wonogiri Kota, hujan angin mengakibatkan ambrolnya bangunan tembok talud di Lingkungan Cubluk, Kelurahan Giritirto. Material longsorannya menimbuni badan Jalan Perkutut III. Bersamaan itu, di rumah pemondokan Adi Putra, juga di Lingkungan Cubluk, Kelurahan Giritirto, terjadi runtuhnya bangunan kanopi carport yang berdampak merusak mobil yang parkir di bawahnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, untuk Kecamatan Kismantoro, telah merusak bangunan rumah peternakan ayam petelur di Lingkungan Cingklok RT 4/ RW 6, Kelurahan Gesing. Rumah peternakan ayam berukuran 300 m2 yang dipakai untuk memelihara seribu ekor ayam petelur tersebut, telah runtuh bersamaan dengan bencana hujan angin.

Dampak dari bencana hujan angin, telah menyebabkan pohon-pohon bertumbangan, dan ada yang tumbang menimpa rumah warga.

Tertimpa Pohon
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dan Kapolsek Kismantoro AKP Bambang Suripto, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, rumah Saimin (75) di Dusun Tinasat RT 4/RW 7, Desa Gesing, Kecamatan Kismantoro, Kabuaten Wonogiri, rusak karena tertimpa pohon Asem yang tumbang.

Untuk Kecamatan Purwantoro, lokasi yang dilanda bencana hujan angin berada di Dusun Sidowayah, Desa Poso. ”Data awal yang masuk pada kami, bencana itu telah merusak lima bangunan rumah warga,” jelas Kepala BPBD Wonogiri Bambang Haryanto. Kelima rumah yang rusak tersebut masing-masing adalah milik Nenek Painah, Bakri, Parmin, Sukidi dan Sumar.

Bencana hujan angin telah melanda empat wilayah kecamatan di Kabupaten Wonogiri. Menumbangkan puluhan pohon, merusak rumah peternakan dan kandang hewan, serta merusak rumah hunian warga.

Di Kecamatan Bulukerto, setidak-tidaknya dilaporkan ada dua rumah warga yang rusak karena tertimpa pohon tumbang. Yakni rumah milik Sular di Dusun Tenggar RT 1/RW 8, Desa Bulurejo, dan rumah milik Sikin di Dusun Soko RT 1/RW 9, Desa Bulurejo. Anggota Koramil 21 Bulukerto Kodim 0728 Wonogiri, Serma Sumanto dan Serma Suparno bersama personel Polsek Bulukerto dan pamong desa, langsung mendatangi lokasi untuk memberikan pertolongan kepada korban.

Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam serangkaian bencana tersebut. Upaya penanganan darurat untuk kepentingan pemulihan, dilakukan Rabu (15/1), oleh para relawan siaga bencana dari tingkat desa dan kecamatan, serta dari Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) dan BPBD. Yakni melakukan kerja bakti bersama pamong desa, para personel TNI dan Polri dari Polsek dan Koramil. Kepada korban diberikan bantuan logistik dari BPBD.

Bambang Pur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini