blank
KAI terapkan pola KA memutar dan pembatalan kereta. Foto: KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – KAI kembali menyampaikan permohonan maaf atas gangguan perjalanan kereta api yang terjadi akibat luapan air di jalur kereta api pada Km 32+5/7 antara Stasiun Karangjati dan Stasiun Gubug di Kabupaten Grobogan lintas Semarang-Surabaya.

Untuk menjaga keselamatan perjalanan, jalur tersebut ditutup sementara mulai Jumat, 24 Januari 2025 pukul 22.25 WIB.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menegaskan bahwa keselamatan adalah prioritas utama. Jalur yang terdampak luapan air harus ditutup untuk memastikan penanganan dapat dilakukan secara intensif. KAI telah mengerahkan tim tanggap darurat yang terdiri dari ratusan petugas prasarana, alat berat, dan material pendukung lainnya untuk memulihkan kondisi secepat mungkin.

“Dengan penutupan jalur tersebut, perjalanan KA yang melewati lintas Semarang-Surabaya maupun sebaliknya pasti terganggu. Sehingga KAI melakukan rekayasa pola operasi memutar atau melalui jalur alternatif, dan membatalkan beberapa perjalanan KA yang ditetapkan mulai 26 Januari 2025 sampai dengan normalisasi jalur yang terdampak tersebut selesai dikerjakan,” terangnya, Minggu (26/1/2025).

Berikut perjalanan KA yang menerapkan rekayasa pola operasi dengan mengalihkan rute perjalanan mulai 26 Januari 2025.

1. Memutar via Gambringan-Gundih-Brumbung antara lain KA Harina (125) relasi Surabaya-Bandung, KA Harina (126) relasi Bandung-Surabaya, KA Ambarawa Ekspres (231) relasi Surabaya-Semarang, KA Ambarawa Ekspres (232) relasi Semarang-Surabaya, KA Ambarawa Ekspres (229) relasi Surabaya-Semarang, KA Ambarawa Ekspres (230) relasi Semarang-Surabaya, KA Dharmawangsa Ekspres (132) relasi Jakarta-Surabaya dan KA Dharmawangsa Ekspres (131) relasi Surabaya-Jakarta

2. Memutar via Surabaya-Solo-Brumbung antara lain, KA Argo Bromo Anggrek (1) relasi Surabaya-Jakarta, KA Argo Bromo Anggrek (2) relasi Jakarta-Surabaya, KA Sembrani (61) relasi Surabaya-Jakarta, KA Sembrani (62) relasi Jakarta-Surabaya, KA Sembrani (63) relasi Surabaya-Jakarta, KA Sembrani (64) relasi Jakarta-Surabaya, KA Pandalungan (77) relasi Jember-Jakarta, KA Pandalungan (78) relasi Jakarta-Jember, KA Jayabaya (107) relasi Malang-Jakarta.

Selanjutnya ada KA Jayabaya (108) relasi Jakarta-Malang, KA Gumarang (129) relasi Surabaya-Jakarta, KA Gumarang (130) relasi Jakarta-Surabaya, KA Blambangan Ekspres (186) relasi Jakarta-Ketapang, KA Blambangan Ekspres (185) relasi Ketapang-Jakarta, KA Kertajaya (219) relasi Surabaya-Semarang, KA Kertajaya (220) relasi Semarang-Surabaya, KA Airlangga (235) relasi Surabaya-Jakarta, dan KA Airlangga (236) relasi Jakarta-Surabaya.

3. Memutar via Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Cirebon, antara lain, KA Argo Bromo Anggrek (3) relasi Surabaya-Jakarta dan KA Argo Bromo Anggrek (4) relasi Jakarta-Surabaya.

Sementara untuk pembatalan perjalanan KA mulai 26 Januari 2025 adalah,  KA Blora Jaya (227) relasi Cepu-Semarang,  KA Blora Jaya (228) relasi Semarang-Cepu, KA Kedung Sepur (546) relasi Semarang-Ngrombo, KA Kedung Sepur (545) relasi Ngrombo-Semarang,  KA Kedung Sepur (548) relasi Semarang-Ngrombo, KA Kedung Sepur (547) relasi Ngrombo-Semarang, KA Tegal Bahari (169) relasi Tegal-Jakarta dan KA Tegal Bahari (170) relasi Jakarta-Tegal.

“Saat ini, KAI fokus lakukan mobilisasi peralatan berat seperti crane , eksavator, perancah besi ke lokasi. Tim Tanggap Darurat Daop 4 Semarang saat ini juga melakukan pekerjaan pengisian karung dengan batu kricak, kirim bantalan beton, dan pekerjaan pembuatan tanggul menggunakan alat berat sebagai upaya kesiapan dalam penanganan nantinya,” ungkap Franoto.

KAI juga menerapkan layanan pengembalian tiket secara penuh atau penjadwalan ulang perjalanan tanpa biaya tambahan. Selain itu, penumpang terdampak atas keterlambatan kereta api juga diberikan service recovery sesuai ketentuan.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan. Saat ini, kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk percepatan penanganan di lokasi terdampak,” tambahnya.

Untuk informasi jadwal kereta api atau pengembalian tiket bagi pelanggan terdampak, masyarakat dapat menghubungi layanan media sosial KAI121, e- mail: [email protected], dan Whatsapp KAI121 (0811-1211-1121)

Ning S