blank
Asri Nur Maulina, Manager Pemasaran Non Komersial PT Pelni (kiri), dan Agus Suprijatno kepala PT Pelni Cabang Semarang, menunjukkan aplikasi PELNI Mobile, di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Ahad 15 Desember 2024. (Foto: Diaz Abidin)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) (Persero), terus melakukan inisiatif dan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat penggunanya.

PT Pelni menyosialisasikan penggunaan aplikasi PELNI Mobile secara online atau daring, untuk pemesanan tiket kapal kepada masyarakat, di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Ahad 15 Desember 2024.

Cukup mengunduh aplikasi PELNI Mobile pada gawai yang tersambung internet, masyarakat bisa pesan tiket dan berbagai aktivitas yang di bawah naungan perusahaan.

Kepala Kantor Cabang PT Pelni Semarang Agus Suprijatno, mengatakan, pemesanan tiket secara online akan lebih mudah, dan bisa menghindari calo, atau bahkan penipuan.

“Pesan tiket bisa sambil ngopi, langsung bayar lewat transfer atau minimarket. Sudah tidak jamannya beli tiket di calo,  harganya pasti lebih mahal,” kat dia.

Pihaknya berharap bisa terus mengajak para penumpang untuk mulai beralih cara membeli tiket kapal Pelni dari sebelumnya manual di loket menjadi online melalui telepon genggam pintar.

“Masyarakat akan lebih terbantu dan menghemat waktu untuk memesan tiket kapal penumpang,” kata sosok yang berpengalaman 29 tahun menjadi pelaut itu.

Lebih lanjut, kata dia, PELNI Mobile merupakan cara perusahaan untuk “menjemput bola” para calon penumpang yang mulai terbiasa untuk menggunakan gawai.

Dengan begitu, kata dia, masyarakat bisa langsung memesan tiket tanpa antri di loket atau menghubungi call center 162 yang tentu membutuhkan waktu.

Melalui PELNI Mobile, calon penumpang bisa melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan kapal Pelni antara lain membeli tiket kapal, mengirim barang, pelayanan keagenan kapal dan check-in secara online.

“Pengguna aplikasi PELNI Mobile di cabang Semarang mulai tumbuh. Perbandingannya 60 persen manual, 40 persen sudah pesan di aplikasi,” kata dia.

Asri Nur Maulina, Manager Pemasaran Non Komersial PT Pelni melanjutkan, upaya sosialisasi aplikasi PELNI Mobile menghasilkan peningkatan masyarakat dalam mendownload atau unduh aplikasi tersebut.

Pada semester 1 2024, periode Januari-Juni 2024, tercatat sebanyak 506.644 pengguna aplikasi PELNI Mobile.

Jumlah tersebut, kata dia, meningkat drastis dibandingkan periode sepanjang tahun lalu atau pada Januari-Desember 2023 mencapai 305.785 pengguna aplikasi PELNI Mobile.

“Secara nasional penggunanya sudah 40 persen. Setiap tahun kami sosialisasi di cabang-cabang PT Pelni seperti, Bali, Balikpapan, Pare-pare dan Medan.

blank
Penumpang kapal PT Pelni, di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Ahad 15 Desember 2024. (Foto: Diaz Abidin)

Cara Pesan Tiket Kapal via Pelni Mobile

Lebih lanjut, Agus menjelaskan  langkah-langkah untuk membeli tiket kapal di PELNI Mobile.

Pertama xengan mengunduh dan membuka aplikasi PELNI Mobile, calon penumpang dapat memilih menu “Tiket Kapal”.

Lalu, pilih pelabuhan dan tujuan, serta tanggal keberangkatan yang diinginkan. Selanjutnya, isi detail jumlah penumpang, jenis kelamin, serta kategori Keluarga atau bukan.

Kemudian, calon pemumpang dapat memiliki jadwal kapal yang tersedia (cek tanggal, jam, serta kategori kelas).

Setelah isi identitas penumpang (pastikan identitas sesuai dengan KTP penumpang), dapat langsung memilih metode pembayaran dan mendapatkan informasi cara pembayaran.

Terakhir, tiket elektronil (e-tiket) sudah terbit dan kemudian harus ditukar dengan boarding pass di pelabuhan keberangkatan.

Selain itu, masyarakat atu juga bisa menggunakan fitur terbaru dari aplikasi PELNI Mobile yaitu check-in secara online atau daring.

Diaz Abidin