blank
Tim PKM USM, saat memberikan pelatihan Digital Marketing pada anggota Karang Taruna Gayamsari, Semarang. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dosen Prodi S1 Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), memberikan Pelatihan Digital Marketing pada anggota Karang Taruna Gayamsari, di Aula Kelurahan Gayamsari, Minggu (10/11/2024).

Ketua Tim PKM USM, Ami Saptiyono mengatakan, pelatihan ini sebagai roadmap pengabdian Program Studi S1 Ilmu Komunikasi USM, dalam mengenalkan teknologi digital untuk bisnis. Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UMKM Tahun 2024, jumlah UMKM di Indonesia mencapai 65 juta Unit.

”Tidak sedikit anak muda yang mulai melirik terjun sebagai pelaku usaha. Kami berharap, kegiatan ini selaras dengan program pemerintah, dalam meng-upgrade UMKM mengenal digital bisnis. Dan langkah ini akan lebih mudah dilakukan ke generasi muda,” kata Ami.

BACA JUGA: 206 Mahasiswa FT USM Ikuti LKMM-TD dan Makrab

Pemateri yang juga dosen S1 Ilmu Komunikasi USM, Ayang Fitrianti menambahkan, platform marketplace bisa dijadikan sarana promosi dan penjualan produk yang dimiliki generasi muda, di Kelurahan Gayamsari.

”Banyak pilihan teknologi digital yang bisa dipakai untuk bisnis. Kuncinya, mengenali karakter teknologi dan target konsumen yang dibidik. Setelah itu, perlu punya strategi konten marketing yang memikat konsumen,” ujar Ayang.

Semnetara itu, Lurah Gayamsari, Lina Budiarti SH menyatakan, keterlibatan anak muda dengan pemanfaatan teknologi digital, diyakini mampu menjadikan UMKM naik kelas.

BACA JUGA: USM Gelar Icosend 2024, 95 Makalah Dinyatakan Lolos

”Anak muda itu lebih adaptif dalam penggunaan teknologi digital, kalau mereka terjun di bisnis online, potensi pertumbuhan ekonomi di sektor UMKM bisa meningkat,” ungkap Lina saat membuka pelatihan.

Puluhan peserta yang ikut pelatihan tertantang untuk berani mencoba live, menjual produk lewat aplikasi TikTok, sebagai bentuk implementasi pelatihan digital marketing.

Riyan