blank
Launching Santri Generasi Keren di Pesantren Asshodiqiyah Semarang (23/10/2024). Foto: Ning S

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Memperingati Hari Santri Nasional, ParagonCorp luncurkan program Santri Generasi Keren, sebuah inisiatif yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran santri di Indonesia akan perubahan positif, kreativitas, serta kepemimpinan.

Diluncurkan di Pesantren Asshodiqiyah Semarang, Jawa Tengah, program ini mendapat dukungan penuh dari Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah dan melibatkan 10 pesantren sebagai peserta utama.

Santri Generasi Keren menitikberatkan pada tiga aspek utama, yakni Generasi Bersih dan Rawat Diri, Generasi Berdampak (terhadap lingkungan), dan Generasi Kreatif.

Program ini dirancang untuk meningkatkan kesadaran santri akan pentingnya kebersihan diri dan lingkungan, mendorong mereka untuk memanfaatkan media digital secara kreatif, serta mengembangkan kemampuan kepemimpinan agar mampu memimpin perubahan positif di lingkungan mereka.

Alfia Wardah, Vice President of Commercial di ParagonCorp mengungkapkan, melalui pendekatan ini, santri diharapkan tidak hanya lebih sadar akan kebersihan sebagai bagian dari perilaku hidup sehat, tetapi juga menjadi lebih kreatif dan produktif dalam era digital yang terus berkembang.

Dikatakan, salah satu program inti dari inisiatif ini adalah Bootcamp Santri Generasi Keren, yang bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan praktis dan wawasan, mulai dari menjaga kebersihan diri serta lingkungan, memanfaatkan teknologi digital secara bijak, hingga mengasah kemampuan kepemimpinan. Harapannya, para santri dapat menjadi agen perubahan di pesantren dan masyarakat luas.

“Kami percaya santri memiliki potensi besar untuk memimpin dan menjadi agen perubahan di masyarakat. Melanjutkan berbagai kegiatan Paragon Goes to Pesantren beberapa tahun terakhir, Paragon ingin menguatkan kontribusi mengembangkan santri melalui program Santri Generasi Keren. Program ini kami rancang untuk memberikan bekal yang komprehensif, mulai dari kebersihan diri dan lingkungan, kreativitas digital, hingga kepemimpinan yang kuat,” terang Alfia usai launching Santri Generasi Keren, Rabu (23/10/2024).

“Wardah, sebagai salah satu merek halal produk kecantikan yang dikembangkan oleh ParagonCorp, berawal dari kerja sama perusahaan kami dengan salah satu pesantren. Kolaborasi ini menjadi fondasi bagi Wardah untuk berkembang, dan melalui program Santri Generasi Keren, kami ingin terus mendukung pesantren beradaptasi dengan perkembangan zaman, serta mempersiapkan santri menjadi pemimpin masa depan,” ungkap Alfia.

Sementara itu KH Abdul Ghaffar Rozin, Ketua PWNU Jawa Tengah mengapresiasi inisiatif kegiatan ParagonCorp. “Kami sangat menghargai langkah nyata Paragon dalam mendukung pengembangan para santri di pesantren. Program ini bukan hanya mengajarkan pentingnya kebersihan dan kreativitas di era digital, tetapi juga mempersiapkan santri untuk menjadi pemimpin yang mampu membawa perubahan positif di masyarakat. Kolaborasi seperti ini sangat diperlukan agar pesantren tetap relevan dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” ujar Gus Rozin.