blank
Stan pameran hari santri 2024 Tingkat Jateng digelar di lapangan Kridosono Blora, Senin, 21 Oktober 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Pameran Hari Santri Nasional tahun 2024 tingkat Provinsi Jawa Tengah secara resmi digelar di lapangan Kridosono, Kabupaten Blora, selama dua hari, pada Senin, 21 Oktober hingga Selasa, 22 Oktober 2024.

Pameran tersebut diisi dengan ekspo produk santri, expo multi produk, festival kuliner, talkshow, pentas seni dan hiburan.

 

Pembukaan pameran dilakukan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Jawa Tengah, Dra. Ema Rachmawati, bersama Plt Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Senin, (21/10/2024).

“Semoga pameran ini bisa memicu semangat para santri untuk mengembangkan usahanya di mana pun, baik di pondok pesantren maupun secara individual,” ungkap Ema Rachmawati.

Dijelaskan Ema Rachmawati pondok pesantren mempunyai potensi yang besar dari segi ekonomi, lewat pameran ini diharapkan bisa memberikan kesempatan bagi mereka untuk menampilkan produknya.

“Yang selama ini mungkin gerakannya belum maksimal atau belum optimal sehingga harapan kita sebenarnya dengan pameran ini bisa memicu UKM yang dari santri maupun dari pondok pesantrennya bisa menampilkan produknya,” imbuh Ema Rachmawati.

Produk Inkubasi

Lebih lanjut, Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Jawa Tengah menjelaskan bahwa dalam pameran ini juga menampilkan produk – produk inkubasi dari seluruh Jawa Tengah.

“Inkubasi itu binaan dari kanwil Kemenag Jawa Tengah dan juga perguruan tinggi Islam kemudian yang pameran UKM dari Blora,” ujar Ema Rachmawati.

Pada kesempatan itu, Plt Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati menyambut baik dilaksanakannya peringatan hari Santri Nasional ke-10 tingkat Jawa Tengah yang dilaksanakan di Kabupaten Blora, salah satu rangkaian kegiatannya adalah Pameran Hari Santri.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah memilih Kabupaten Blora untuk melaksanakan rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024 tingkat Jawa Tengah, selama 2 (hari), diawali dengan pameran yang diikuti oleh Ponpes dan UKM di Jawa Tengah pagi ini,” kata Plt Bupati Blora.

70 Stan Pameran

Dikemukakan, bahwa Kabupaten Blora memiliki lembaga Pondok Pesantren sebanyak 113 buah, dengan 9.707 santri dan 1.034 ustadz, di Kabupaten Blora juga telah memiliki Peraturan Daerah Kabupaten Blora nomor 16 tahun 2022 tentang Fasilitasi Pengembangan Pesantren.