Hartono berfoto bersama produk hasil olahannya yang kini menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Demak. Foto: rudyryan

DEMAK (SUARABARU.ID)– Kabupaten Demak dikenal sebagai penghasil buah belimbing dan jambu, baik jambu merah delima maupun jambu citra. Buah belimbing dan jambu citra sendiri memiliki kandungan air yang cukup berasa manis, sedikit masam namun segar.

Sedangkan jambu merah delima memiliki rasa manis yang luar biasa. Jenis buah itu, memang sudah dikenal di seantero Nusantara sebagai oleh-oleh khas Demak. Namun demikian untuk menambah variatif jenis buah tangan, kini muncul ide inovasi makanan olahan berbahan baku buah itu, sebagai manisan buah.

Adalah Hartono dan Mahmudah, pasangan suami istri warga Desa Dempet, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, telah mengolah buah khas Demak itu sebagai manisan yang memiliki rasa segar berlabel ‘Shahah’.

BACA JUGA: Polda Jateng Amankan 5 Tersangka Pencurian Kayu Sonokeling dan Jati Perhutani, Masih Ada Dua DPO

”Manisan ini memiliki rasa yang enak dan aman untuk dikonsumsi, karena diolah secara higienis dengan gula asli. Kita sajikan dengan kemasan cup plastik mangkok, dengan penutup berlabel Shahah,” kata Hartono, yang ditemui di rumahnya belum lama ini.

Sehari-hari, Hartono dibantu sang istri dan empat orang karyawannya. Dalam sehari, dia membutuhkan bahan olahan sekitar satu kwintal buah belimbing dan jambu citra.

Untuk produk manisan yang dibuatnya, tidak hanya berbahan buah-buahan asli Demak saja. Namun ada jenis buah lain seperti mangga, nanas dan kolang kaling.

BACA JUGA: Timnas Indonesia Antisipasi Kebangkitan Tuan Rumah

Beberapa produk hasil olahannya berupa manisan belimbing, jambu citra dan kolang-kaling. Foto: rudyryan

Makanan olahan dari buah khas Demak ini, selain dipasarkan di daerah sendiri, juga sudah merambah ke daerah lain, seperti Semarang, Kudus, Jepara, Ungaran, Bawen, Salatiga hingga Magelang.

Dengan rasa manis dan segar, manisan buah ini memberikan citra rasa yang khas dan unik. Sehingga selalu dicari para pelancong atau wisatawan. Apalagi dengan harga yang terjangkau semua kalangan.

Dengan tampilan kemasan yang apik dengan ikon Masjid Agung Demak, manisan buah ini dapat dengan mudah ditemukan di pusat oleh-oleh. Jika belum ketemu juga, dapat menghubungi via akun medsosnya di FB dan IG @shahah_manisan.

Rudy-Riyan