Kapolres Kudus AKBP Ronni Bonic menyematkan pita tanda dilaksanakan operasi Zebra Candi. Foto:ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kapolres Kudus, AKBP Ronni Bonic memimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Zebra Candi Tahun 2024 yang berlangsung di halaman depan Mapolres setempat, Senin (14/10).

Dalam amanatnya, Kapolres Kudus membacakan amanat Kapolda Jateng, Irjen Pol Ribut Hari Wibowo menjelaskan, Apel gelar pasukan merupakan bukti kesiapan dan keseriusan dalam melaksanakan Operasi Zebra Candi 2024.

“Dalam mengatasi permasalahan di bidang lalu lintas, kita perlu menyadari bahwa hal ini kompleks dan tidak mudah. Namun, sinergi dengan berbagai pihak terkait sangat diperlukan untuk menangani masalah keselamatan dalam berlalu lintas,” kata Kapolres membacakan amanat.

Disampaikan bahwa pada pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2023 lalu, jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah menurun dari 720 kejadian di tahun 2022 menjadi 618 kejadian di 2023. Jumlah korban meninggal juga mengalami penurunan dari 33 orang menjadi 17 orang.

Sedangkan pelanggaran lalu lintas pada tahun 2023 diperoleh data sejumlah 85.918 pelanggaran. Dari jumlah tersebut jumlah tilang sebanyak 28.730 lembar dan teguran 57.188 lembar.

“Operasi Zebra Candi 2024 berlangsung selama 14 hari terhitung mulai tanggal 14 sampai 27 Oktober 2024. Tema operasi Melalui Operasi Zebra Candi 2024 Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat Tertib Lalu Lintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas Yang Aman dan Nyaman,” jelas AKBP Ronni Bonic.

Lebih lanjut, disampaikan harapan dari pelaksanaan operasi ini yaitu bisa menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Operasi Zebra Candi 2024 merupakan jenis operasi Harkamtibmas bidang lalu lintas yang mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta humanis didukung Gakkum secara elektronik baik statis mau pun mobile dan teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” tegasnya.

Kapolres menambahkan, kegiatan Ops Zebra Candi 2024 ini tidak hanya melibatkan anggota Polri, namun juga bersinergi dengan anggota TNI, Satpol PP, Dishub, serta petugas lintas sektoral lainnya.

Seperti diketahui, Apel ditandai dengan penyematan pita tanda operasi oleh Kapolres Kudus kepada perwakilan personel dari TNI, Polri dan Dinas Perhubungan. Usai apel dilaksanakan pengecekan Ranmor dinas untuk penunjang kegiatan Ops Zebra Candi 2024.

Ali Bustomi